skip to main content

Analisa Pengaruh Pemasangan Energy Saving Device (ESD) Terhadap Performa Propeller B-Series

*Arif Budi Jatmiko orcid publons  -  Department of Naval Engineering, Universitas Diponegoro, Indonesia
Andi Trimulyono  -  Department of Naval Engineering, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Department of Naval Engineering, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Performa kapal sangat dipengaruhi oleh kinerja propeller. Oleh karena itu banyak dilakukan studi pengoptimalan propeller kapal sebagai penggerak utama kapal. Salah satunya yaitu dengan pemasangan Energy Saving Device (ESD) yang mampu memperkecil loss energy yang disebabkan oleh kinerja propeller. Ada beberapa jenis ESD, salah satunya Propeller Boss Cap Fin (PBCF), yaitu penambahan sirip kecil pada hub propeller untuk mengurangi hub vortex. Sehingga tercipta aliran yang selaras dan mengembalikan rotational energy yang hilang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemasangan ESD jenis Propeller Boss Cap Fins terhadap performa propeller B-Series pada kapal Ro-Ro 1000 GT. Penelitian ini membandingkan performa propeller sebelum dan sesudah dilakukan pemasangan PBCF tanpa mengubah dimensi propeller tersebut. Namun dilakukan variasi diameter pada fin PBCF, sebesar 0,1D, 0,2D dan 0,3D serta sudut cap 15o, 20o dan 25o. Dari hasil penelitian, diperoleh kombinasi terbaik pada variasi 7, yaitu dengan diameter fin 0,2D dan cap 20o yang mampu meningkatkan efisiensi sebesar 5% dengan thrust 71371,7 N dan torque 18580,3 Nm. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penambahan Energy Saving Device mampu meningkatkan performa propeller menjadi lebih optimal.

Fulltext View|Download
Keywords: Propeller, B-Series, Thrust, Energy Saving Device, Propeller Boss Cap Fins
  1. J. Seo, S. J. Lee, B. Han, and S. H. Rhee, “Influence of Design Parameter Variations for Propeller-Boss-Cap-Fins on Hub Vortex Reduction,” Journal of Ship Research, vol. 60, no. 4, 2016
  2. I. Ichwansyah, “Analisa Peningkatan Thrust Akibat Penerapan Energy Saving Device pada Kapal Perintis 500 DWT Menggunakan Metode CFD (Computation Fluid Dynamic),” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 7, no. 3, 2019
  3. Syafriansyah, I. M. Ariana, and B. Cahyono, “Analisa Penggunaan Propeller Boss Cap Fins (PBCF) Terhadap Pengaruh Pembebanan Daya Main Engine Dalam Upaya Mendukung Program Eco Ship PT. PERTAMINA (PERSERO) Perkapalan,” Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, 2016
  4. H. Ghassemi, A. Mardan, and A. Ardeshir, “Numerical analysis of hub effect on hydrodynamic performance of propellers with inclusion of PBCF to equalize the induced velocity,” Polish Maritime Research, vol. 73, no. 2, 2012
  5. I. A. C. Abar and I. K. A. P. Utama, “Effect of the incline angle of propeller boss cap fins (PBCF) on ship propeller performance,” International Journal of Technology, vol. 10, no. 5, 2019
  6. A. T. E. Kurniawan, D. Chrismianto, and G. Rindo, “Analisa Perbandingan Penggunaan Energy Saving Device (ESD) Propeller Boss Cap Fin Pada Propeller Tipe B-Series Dengan Variasi Diameter Fin Menggunakan Metode CFD,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 1, 2017
  7. W. Rakhmadi, A. Trimulyono, and M. Iqbal, “Analisa Perbandingan Tipe Kort Nozzle Terhadap Gaya Dorong Propeller Dengan Metode Cfd,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 4, no. 1, 2016
  8. M. Z. Abidin, S. W. Adji, and I. S. Arief, “Analisa Performance Propeller B-Series dengan Pendekatan Structure dan Unstructure Meshing,” Jurnal Teknik ITS, vol. 1, no. 1, 2012
  9. A. Trimulyono and Kiryanto, “Analisa Efisiensi Propeller B-Series Dan Kaplan Pada Kapal Tugboat Ari 400 HP Dengan Variasi Jumlah Daun, Sudut Rake Menggunakan CFD,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 12, no. 2, 2015
  10. A. Paska, E. S. Hadi, and Kiryanto, “Analisa Engine Propeller Matching Pada Kapal Perintis Baru Type 200 DWT Untuk Mendapatkan Sistem Propulsi Yang Optimal,” Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 4, no. 3, 2016
  11. M. M. Bernitsas, D. Ray, and P. Kinley, “KT, KQ, and Efficiency Curves for the Wageningen B-series Propellers,” Michigan, 1981

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.