skip to main content

Analisa Pengaruh Penambahan Hull Fixed Bow Fin Terhadap Gerak Pitching dan Heaving Pada Kapal Tanker 112 Meter

*Muhammad Aulia Zahril  -  Department of Naval architecture Engineering, Universitas Diponegoro, Indonesia
Parlindungan Manik scopus  -  Department of Naval architecture Engineering, Universitas Diponegoro, Indonesia
Kiryanto Kiryanto scopus  -  Department of Naval architecture Engineering, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Penambahan variasi Fixed Fin pada haluan kapal dapat dilakukan untuk meredam gerakan pitching. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemambahan Fixed Fin dengan model NACA 0018 dan NACA 0021 divariasikan dengan kecepatan kapal dan sudut serang fin terhadap seakeeping kapal. Penelitian dilakukan dengan menghitung RMS heaving, RMS pitching, Probabilitas slamming, dan Probabilitas deck wetness. Metode untuk menghitung RAO menggunakan software berbasis metode panel. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dua variasi model fin mempunyai karakteristik yang sama, yaitu mengalami kenaikan pada nilai RAO heaving dan mengalami penurunan pada nilai RAO pitching yang mengakibatnya hasil yang sama pada nila masing – masing RMS. Variasi model fin yang dapat menimbulkan efek anti-pitching yang paling baik yaitu pada sea state slight model NACA 0021 dengan variasi sudut serang 3° dan kecepatan kapal 11 knot yang dapat menurunkan nilai RMS Pitching sebesar 0,2506° dengan penurunan 15.89 % dari model tanpa fixed fin. Probabilitas slamming dan deck wetness pada semua variasi model memenuhi standar nordforsk 1987. Nilai probabilitas slamming terbesar yaitu pada model NACA 0018 dengan sudut serang 5° dan kecepatan 14 knot sebesar1,40× 10-6. Nilai probabilitas  deck wetness terbesar yaitu pada model NACA 0018 dengan sudut serang 5° dan kecepatan 14 knot sebesar 0,015.
Fulltext View|Download
Keywords: Sea Keeping; Slamming; Deck wetness; Fixed Bow Fin; Panel Method
  1. A. R. Prakarsa, D. Chrismianto & M. Iqbal. “Analisa Pengaruh Sloshing Pada Ruang Muat Kapal Tanker Pertamina 17500 LTDW Dengan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic)”. Jurnal Teknik Perkapalan, 5(1). 2017
  2. R. Fadillah, A. F. Zakki & Kiryanto. “Analisa Fatigue Pada Kapal Tanker 6500 DWT Berdasarkan Common Structural Rules (CSR) berbasis Finite Element Analysis (FEA)”. Jurnal Teknik Perkapalan, 8(4). 2020
  3. L. Huang et al. "Ship Pitch-Roll Stabilization by Active Fins Using a Controller Besed on Onboard Hydrodynamic Prediction," Ocean Engineering, Vol.164, 212-227, September 2018
  4. R. Bhattacharyya. Dynamics of Marine Vehicles, 1st ed. New York: A Wiley Interscience Publication. 1978
  5. B. R. Reguram et al. Fin Effect on Pitch Motion and the Avoidance of Initiation of Parametric Roll, 4:11, 495 - 502, DOI: 10.17577/IJERTV4IS110414,2015
  6. M., Ikhsan, P. Manik & M. Indiaryanto. “Analisa Pengaruh Penambahan Hull Fixed Fin dengan Variasi Foil dan Sudut Serang terhadap Gaya Angkat dan Hambatan Kapal”. Jurnal Teknik Perkapalan, 8(1). 2020
  7. Y. Yoshimura & M. Kanamoto. "Effect of Activated Fin on the Reduction of Pitching and Propulsive Performance," In Conf. Workshop on Environmental Technologies in Naval Architecture and Ocean Engineering, Hiroshima,2016
  8. H. Isshiki et al. "EEDI and Performance of a Ship under Rough Weather -Teachings from the Past-," Proc of JASNAOE, Japan, 2016, pp.253-268
  9. World Maritime Organization. “WMO-No. 8 Guide to Meteorological Instruments and Methods of Observation,” in Part II Chapter 4, 2014th ed
  10. M. H. Ghaemi, & H. Olszewski. Total Ship Operability-Review, Concept and Criteria. Polish Maritime Research, vol.24, pp.74–81, DOI: 10.1515/pomr-2017-0024.2017

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.