BibTex Citation Data :
@article{JTP29089, author = {Harya Koostanto and Ahmad Zakki and Samuel Samuel}, title = {Studi Perencanaan Konstruksi Dan Analisa Kekuatan Kapal Patroli 165 DWT Pada Perairan Indonesia}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {9}, number = {1}, year = {2020}, keywords = {Patroli; Tegangan Maksimum; Kekuatan Batas; Metode Elemen Hingga}, abstract = { Kapal patroli adalah kapal untuk menjaga keamanan dan aset negara di wilayah pesisir pantai dan laut. Karena tujuan pembuatannya untuk menjaga keamanan, maka perencanaan dan konstruksinya lebih ditekankan pada segi kekuatan. Kapal yang dipakai pada penelitian ini adalah kapal patrol 165 DWT. Kapal tersebut akan dimodifikasi sistem konstruksinya menjadi sistem konstruksi campuran. Sehingga perlu adanya analisis sebelum dan sesudah modifikasi dari segi kekuatan. Pada akhirnya dapat diketahui tegangan maksimum dan momen lentur batas yang terjadi. Software berbasis finite element analysis digunakan untuk mengetahui tegangan maksimum dan momen lentur batas yang terjadi. Pada hasil yang telah didapatkan, besaran tegangan maksimum pada sistem konstruksi melintang sebesar 36,093 MPa pada kondisi air tenang, 82,842 MPa pada kondisi sagging dan 124,874 MPa pada kondisi hogging. Serta -6,303x10 10 N.mm pada kondisi ultimate sagging dan 9,951x10 10 N.mm pada kondisi ultimate hogging. Sementara pada sistem konstruksi campuran tegangan maksimum yang terjadi sebesar 31,829 MPa pada kondisi air tenang, 73,056 MPa pada kondisi sagging dan 110,179 MPa pada kondisi hogging. Serta -8,063x10 10 N.mm pada kondisi ultimate sagging dan 10,923x10 10 N.mm pada kondisi ultimate hogging. Karena perbedaan tegangan maksimum dan momen lentur batas yang terjadi cukup besar, maka sistem konstruksi campuran direkomendasikan. }, pages = {91--104} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/29089} }
Refworks Citation Data :
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License