BibTex Citation Data :
@article{JTP23827, author = {IHSAN ICHWANSYAH}, title = {Analisa Peningkatan Thrust Akibat Penerapan Energy Saving Device pada Kapal Perintis 500 DWT Menggunakan Metode CFD (COMPUTATION FLUID DYNAMIC)}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {7}, number = {3}, year = {2019}, keywords = {Bahan Bakar; Energy Saving Devic; Kort Nozzle; Thrust; Wake}, abstract = { Meningkatnya bahan bakar merupakan sumber tenaga utama bagi kapal, maka pelaku dibidang perkapalan terus menerus mencari cara untuk memperkecil kebutuhan bahan bakar, berbagai usaha dilakukan mulai dari desain Bow, penambahan instalasi alat Energy Saving Device (ESD) yang dapat meningkatkan kecepatan kapal karena menurunnya hambatan kapal sehingga mengubah system propulsi kapal.. Pada penelitian ini analisa propeller direncanakan akan melibatkan interaksi dengan badan kapal yang dimuat secara utuh yaitu penulis akan melakukan analisa peningkatan thrust terhadap kapal perintis 500 DWT akibat penerapan energy saving device menggunakan instalasi jenis Kort Nozzle menggunakan metode CFD (Computation Fluid Dynamic. Nilai Thrust yang di dapat dari perbandingan antara kapal tidak menggunakan ESD dengan kapal yang menggunakan ESD sebesar 68,96%, sedangkan nilai Wake dari perbandingan kedua nya sebesar 93,68%. Dengan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Energy Saving Device sangat mempengaruhi hasil dari gaya dorong dan Wake suatu kapal. }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/23827} }
Refworks Citation Data :
Meningkatnya bahan bakar merupakan sumber tenaga utama bagi kapal, maka pelaku dibidang perkapalan terus menerus mencari cara untuk memperkecil kebutuhan bahan bakar, berbagai usaha dilakukan mulai dari desain Bow, penambahan instalasi alat Energy Saving Device (ESD) yang dapat meningkatkan kecepatan kapal karena menurunnya hambatan kapal sehingga mengubah system propulsi kapal.. Pada penelitian ini analisa propeller direncanakan akan melibatkan interaksi dengan badan kapal yang dimuat secara utuh yaitu penulis akan melakukan analisa peningkatan thrust terhadap kapal perintis 500 DWT akibat penerapan energy saving device menggunakan instalasi jenis Kort Nozzle menggunakan metode CFD (Computation Fluid Dynamic. Nilai Thrust yang di dapat dari perbandingan antara kapal tidak menggunakan ESD dengan kapal yang menggunakan ESD sebesar 68,96%, sedangkan nilai Wake dari perbandingan kedua nya sebesar 93,68%. Dengan hasil tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa penggunaan Energy Saving Device sangat mempengaruhi hasil dari gaya dorong dan Wake suatu kapal.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License