Analisa Kekuatan Struktur Pondasi Crane pada Kapal Kontainer 100 TEUS dengan Metode Elemen Hingga

*Surya Ari Wardana  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Received: 20 Sep 2018; Published: 19 Oct 2018.
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Language: ID
Statistics: 270
Abstract
Kapal kontainer dengan deck crane saat melaksanakan bongkar muat akan menimbulkan tegangan ke struktur badan kapal karena menerima beban kerja sehingga perlu adanya analisa kekuatan dari struktur deck dan struktur pondasi crane kapal kontainer 100 TEUS untuk memastikan keamanannya saat beroperasi. Penelitian ini menggunakan metode elemen hingga sebagai metode penelitiannya. Pembebanan saat beban maksimal dengan memberikan variasi sudut elevasi serta sudut putar dari crane dan juga saat kondisi kapal sagging dan hogging. Dari penelitian didapatkan hasil bahwa nilai tegangan maksimum yang terjadi pada deck adalah pada saat crane beroperasi pada SWL 30 ton dengan panjang lengan crane 21,3 meter pada sudut elevasi 0° dan sudut putar 90° yaitu sebesar 176,3 MPa. Nilai tegangan maksimum saat kondisi hogging adalah 91,9 MPa. Tegangan maksimum saat kondisi sagging bernilai 101,6 MPa. Tegangan minimum terjadi pada deck adalah pada saat crane beroperasi pada SWL 30 ton dengan panjang lengan crane 15,03 meter pada sudut elevasi 45° dan sudut putar 0° yaitu sebesar 30,53 MPa. Lokasi kritis pada penelitian kali ini terletak di bagian maindeck terletak pada pertemuan pondasi crane dengan main deck kapal. Dari semua hasil variasi pembebanan pada crane yang dimasukkan pada perhitungan  safety factor, maka dapat disimpulkan bahwa konstruksi masih di kategorikan aman karena memenuhi aturan tegangan ijin BKI sebesar 190 N/mm2.
Keywords: Kapal Kontainer; Struktur Pondasi Crane; Crane; Metode Elemen Hingga

Article Metrics:

  1. JAPAN P&I CLUB, "P&I Loss Prevention Bulletin," CRANES, THEIR OPERATION AND REASONS FOR FAILURES, pp. 1-19, October 2015.
  2. Raendi Meivando Gea, Ahmad Fauzan Zakki, and M. Iqbal, "ANALISA STRUKTUR KONTRUKSI GELADAK AKIBAT PENAMBAHAN DECK CRANE PADA LANDING CRAFT TANK 1500DWT BERBASIS METODE ELEMEN HINGGA," Jurnal Teknik Perkapalan, p. 136, 2015.
  3. Xiang Zhu, Yongsheng Tang, Feixiang Li, and Yao Zhao, "Structural Strength Analysis of Main Crane Pedestal of the Jack-up Wind Turbine Installation Vessel," Applied Mechanics and Materials, vol. 351-352, pp. 7-12, August 2013.
  4. Farobi Tetuko Pujikuncoro, Ahmad Fauzan Zakki, and Hartono Yudo, "STUDI ANALISA KONTRUKSI DECK KAPAL ACCOMMODATION WORK BARGE PADA FR 0-12 AKIBAT PENAMBAHAN CRANE BERBASIS FEM," Jurnal Teknik Perkapalan, pp. 821-828, 2016.
  5. Le Anh Tuan, Soon-Geul Lee, Luong Cong Nho, and Hoang Manh Cuong, "Robust controls for ship-mounted container cranes with viscoelastic foundation and flexible hoisting cable," Journal of Systems and Control Engineering, pp. 1-13, 2015.
  6. Gordon G. Parker, Kenneth Groom, Johnny Hurtado, Rush D. Robinett, and Frank Leban, "Command Shaping Boom Crane Control System with Nonlinear Inputs ," International Conference on Control Applications , pp. 1774-1778, 1999.
  7. Teguh Rachman Hakim, Handayanu, and Mas Murtedjo, "Analisis Kekuatan Konstruksi Crane Pedestal Pada Mooring Storage Tanker Niria," JURNAL TEKNIK ITS, pp. G192-G197, 2012.
  8. Singiresu S. RAO, THE FINITE ELEMENT METHOD IN ENGINEERING Fourth Edition.: Elsevier Science & Technology Books, 2004.
  9. David V.Hutton, FUNDAMENTAL OF FINITE ELEMENT ANALYSIS. New York: The McGraw-Hills, 2004.
  10. Dong-Hwan Choi and Kwon-Hee Lee, "Structural Analysis and Optimization of a Pedestal for Deck Crane," Journal of the Korean Society of Manufacturing Process Engineers, pp. 95-100, 2012.
  11. BKI, "Rules for The Classification and Construction of Sea Going Steel Ship Vol II," Jakarta, 2017.