slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisis Peforma Kapal Cargo 7082 DWT Terhadap Variasi Muatan Curah Dengan Rute Pelayaran Jakarta - Surabaya | Setiawan | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisis Peforma Kapal Cargo 7082 DWT Terhadap Variasi Muatan Curah Dengan Rute Pelayaran Jakarta - Surabaya

*Dedi Setiawan  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

Citation Format:
Abstract
Kapal cargo merupakan salah satu moda transportasi laut yang digunakan untuk menghubungkan tiap pulau di Indonesia. Kapal cargo memiliki karakteristik daya angkut yang sangat besar dengan jenis muatan curah unpackaged seperti batu bara, pasir, dan semen. Perbedaan jenis muatan curah yang diangkut dapat memberikan nilai berat dan tinggi sarat yang berbeda pada volume yang sama. Hal ini tentu saja dapat mempengaruhi peforma stabilitas, olah gerak, dan hambatan – nya. Oleh sebab itu, penulis bermaksud menganalisis stabilitas, olah gerak, dan hambatan dari kapal cargo 7082 DWT terhadap variasi perubahan jenis muatan yang diangkut. Muatan curah yang akan diangkut meliputi batu bara antrasit padat dan beras. Diketahui bahwa batu bara antrasit padat memiliki massa jenis 1,503 ton⁄m^3  sedangkan beras memiliki massa jenis 0,753 ton⁄m^3. Berdasarkan hasil analisis hambatan, stabilitas, dan olah gerak, dapat disimpulkan bahwa:kapal ini memiliki hambatan sebesar 258,02 kN pada kecepatan 14,36 knot. Sehingga membutuhkan daya mesin sebesar 3197,96 Hp dengan asumsi efisiensi 80%. 4, memiliki  stabilitas yang baik pada saat ruang muat diisi penuh, setengah penuh, dan seperempat penuh dengan jenis muatan berat. Adapun berat maksimum dari beras yang dapat diangkut sebanyak 4965,82 ton dengan displacement dan sarat yang dihasilkan sebesar 8410,325 ton dan 5,52 meter. 5.               Dengan mengasumsi kapal mendapatkan gelombang regular dengan karakteristik bentuk  berdasarkan Bretschneider atau ITTC, tinggi 1 meter, dan periode 5 detik, respon heaving, rolling, dan pitching terbesar rata – rata terletak pada frekuensi 0,00648 rad/s. Hal ini menunjukan karakteristik resonansi dari respon tersebut.
Fulltext
Keywords: Kapal Bulk Carrier, muatan curah, performa kapal, stabilitas

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.