Analisa Gaya Angkat dan Hambatan pada Dihedral Surface Piercing Hydrofoil Katamaran Menggunakan Metode CFD (Computational Fluid Dynamic)

*Dama Nisphal Azis  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Iraq
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Received: 19 May 2018; Published: 6 Sep 2019.
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Seiring pertumbuhan industri transportasi laut, semakin banyak pula teknologi yang dikembangkan agar transportasi laut yang dibuat memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi dan memenuhi kebutuhan efisiensi waktu. Kapal katamaran memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan monohull yaitu menghasilkan hambatan lebih kecil, stabilitas lebih baik, dan memiliki deck yang luas. Kemudian kapal katamaran dikembangkan lagi menjadi kapal hydrofoil yang bertujuan untuk mengurangi hambatan. Hydrofoil adalah sebuah kapal dengan bagian sayap yang dipasang pada penyangga di bawah lambung kapal yang dapat menghasilkan gaya angkat pada lambung kapal sehingga pada saat kapal mencapai kecepatan tinggi, hambatan akan berkurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konfigurasi sudut dihedral foil yang menghasilkan gaya angkat paling besar serta hambatan yang paling kecil. Penelitian ini menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic(CFD). Penelitian dilakukan dengan menganalisa dan menghitung hambatan total kapal. Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Tdyn 12.2.3.0 didapatkan nilai hambatan untuk berbagai variasi dihedral foil. Nilai hambatan total dapat diperkecil  hingga 38,53% sehingga penggunaan EHP lebih menghemat 61,5% dibandingkan dengan EHP kapal original. Nilai tersebut terjadi pada Froude Number 1,042.
Keywords: hydrofoil, katamaran, dihedral foil, gaya angkat, hambatan, CFD

Article Metrics:

  1. Iqbal, M., and Andi Trimulyono, “Optimization of Catamaran Demihull Form in Early Stages of The Design Process. Semarang”, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 11, no. 3, pp. 126-131, 2014
  2. B. W. Sasongko, D. Chrismianto dan A. W. B. Santosa, “Analisa Pengaruh Variasi Bulbous Bow Terhadap Hambatan Total Pada Kapal Katamaran Untuk Penyeberangan Di Kepulauan Seribu Menggunakan CFD”, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 3, no. 4, pp. 439-450, 2015
  3. Y. N. Putra, P. Manik, M. Iqbal, “Analisa Pengaruh Variasi Penambahan Fin pada Centerbulb terhadap Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar menggunakan Metode Computational Fluid Dynamic (CFD)”, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 3, pp. 566-574, 2017
  4. A. K. Nugraha , Samuel dan M. iqbal, “ Analisa Peningkatan Peforma Hambatan Kapal Katamaran MV. Laganbar menggunakan Centerbulp dan Bulbous Bow dengan meetode Computational Fluid Dynamic (CFD)”, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 5, no. 1,pp. 48-56, 2017
  5. A.K. Rizki Darmawan, Muhammad, “Analisa Pengaruh Posisi Foil Terhadap Gaya Angkat dan Hambatan Pada Kapal Catamaran Menggunakan Metode CFD”, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 14, no. 2, pp. 58-64, 2017
  6. Loveday, Howard. 2006. The Design of a Hydrofoil System for Sailing Catamaran. Stellenbosch : University of Stellenbosch
  7. M. Salas, R.Luco, P.K Sahoo, etc. 2015 Experimental and CFD Resistance Calculation of a Small Fast Catamaran
  8. Rameswar Bhattacharyya. 1978. Dynamics of Marine Vehicles. New York : John Wiley & Sons
  9. Abbott I.R. and Von Doenhoff A.E. 1959. Theory of Wing Sections: Including a Summary of Airfoil Data. New York: Dover Publications, Inc
  10. Migeotte, G. 2015. “Hydrofoil-Supported Catamarans. Professional Boat Builder”. 157 :68-79
  11. D. N. Azis, D. Chrismianto dan B. A. Adietya, “Analisa Pengaruh Perubahan Sudut Dihedral Surface Piercing Foil Terhadap Gaya Angkat dan Hambatan pada Kapal Katamaran Menggunakan Metode CFD”, Jurnal Teknik Perkapalan, vol. 3, no. 6, pp. 1-9, 2018