skip to main content

Analisis Hambatan dan Gaya Angkat dari Modifikasi Stephull dengan Variasi Sudut pada Kapal Pilot Boat 15 Meter ALU Menggunakan Metode CFD

*Citra Eka Febrian  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Kapal berkecepatan tinggi merupakan jenis kapal yang paling banyak digunakan di berbagai kebutuhan seperti untuk keperluan balap, aplikasi militer, bahkan untuk rekreasi di bidang pariwisata. Peningkatan permintaan untuk kendaraan laut berkecepatan tinggi telah menyebabkan perkembangan beberapa desain bentuk lambung yang canggih untuk meningkatkan performa kecepatan dan efisiensi penggunaan. Oleh karena itu modifikasi bentuk lambung kapal cepat telah meningkat beberapa tahun terakhir. Stephull merupakan modifikasi bentuk lambung berupa step melintang yang ditempatkan pada bawah lambung bagian midship kapal. Aplikasi penggunaan stephull dapat menurunkan sudut trim sehingga stabilitas kapal lebih stabil, meningkatkan kinerja hidrodinamik, dan memperkecil luas permukaan basah sehingga bisa mengurangi hambatan yang dihasilkan. Pada penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan optimasi hambatan terhadap variasi bentuk stephull dalam sudut. Dalam melaksanakan penelitian ini penulis menggunakan program komputer berbasis Computational Fluid Dynamic (CFD) untuk penyelesaian masalah dari tujuan penelitian. Computational fluid dynamic (CFD) merupakan ilmu sains dalam penentuan penyelesaian numerik dinamika fluida.Penelitian dilakukan dengan cara menganalisa dan menghitung hambatan total kapal menggunakan model. Berdasarkan hasil analisa menggunakan software Tdyn 12.2.3.0 didapatkan nilai gaya angkat dan hambatan untuk berbagai variasi bentuk stephull. Nilai hambatan total dapat diperkecil  hingga 16,96%, nilai ini terjadi pada bentuk stephull sudut 1800 pada variasi kecepatan 26 knot.

Fulltext View|Download
Keywords: stephull; monohull; planing hull; gaya angkat; hambatan; CFD (Computational Fluid Dynamics)
  1. Faltinsen, Odd M. 2005. Hydrodynamic of High-Speed Marine Vehicle. New York: Cambride University Press
  2. Savitsky Daniel, Ward Brown P. 1976. Procedures for Hydrodynamis Evaluation of Planing Hulls in Smooth and Rough Water. Marine Technology, Vol 13 No.4
  3. Savitsky Daniel. 1964. Hydrodinamic Design of Planing Hulls. Marine Technology, Vol 1, No.1
  4. M. Salas, R.Luco, P.K Sahoo, etc. 2015 Experimental and CFD Resistance Calculation of a Small Fast Catamaran
  5. Rameswar Bhattacharyya. 1978. Dynamics of Marine Vehicles. New York : John Wiley & Sons
  6. Barnaby K.C. Schoenherr Friction Coefficients (Smooth Surface Turbulent Flow). Michigan : Department of Naval Architecture and Marine Engineering University of Michiga
  7. Misbahuddin. 2010. Analisa Optimasi Posisi Step Hull Pada Kapal Patroli Frp 36 Meter Dengan Menggunakan Cfd Analisis. Institut Teknologi Sepuluh Nopember : Surabaya
  8. Endro W, Dimas. 2014. High Speed Ship Total Resistance Calculation (An Empirical Study). Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya : Surabaya
  9. Svahn, David. 2009. Performance Prediction of Hulls with Transverse Steps. Marina System Centre for Naval Architecture
  10. Savitsky, Daniel .,Morabito, Michael. 2009. Surface Wave Contours Associated with the Forebody Wake of Stepped Planing Hulls

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.