Analisa Desain Bentuk Lambung Pada Kapal Ikan Tradisional 200 GT Ditinjau Berdasarkan Kriteria Perancangan Kapal

*Boy Ebenezer Simanjuntak  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Wilma Amiruddin  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
K. Kiryanto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
Download
Open Access
Citation Format:
Article Info
Section: Articles
Full Text:
Statistics: 112 148
Abstract

Pembangunan kapal ikan tradisional di sepanjang pesisir pantai utara Jawa Tengah secara umum dilakukan secara turun-temurun oleh pengrajin kapal tradisional. Sebagian besar proses pembangunan dilakukan di luar teknik ilmiah seperti yang dipelajari secara akademis di sekolah maupun di perguruan tinggi. Walaupun tidak menggunakan gambar desain yang tertulis, bentuk bangunan desain kapal ikan secara fisik terlihat mempunyai karakteristik yang baik dan memenuhi standar Klas BKI. Dalam penelitian ini, dimulai dengan tahapan pencarian data ukuran utama kapal dengan kapasitas 200 GT dengan Cb 0,6. Kemudian dilanjutkan dengan membuat model desain hullform baru dengan Cb yang lebih kecil yaitu 0,5 serta penambahan sarat menjadi 3,6 m untuk  menghitung hambatan dan olah gerak kapal. Dari proses redesign hullform kapal konvensional tersebut diperoleh penurunan nilai hambatan dari model 1 yaitu 9,2 kN menjadi 8,2 kN untuk model 2. Sementara pada penambahan sarat model 3 menyebabkan kenaikan hambatan menjadi 9,7 kN dari model 2. Untuk analisa olah gerak didapatkan hasil bahwa kapal model 2 dapat bertahan pada 2 kondisi perairan, yaitu Slight dan Moderate. Sementara kapal model 1 dan model 3 hanya dapat bertahan pada kondisi perairan tenang (Slight).

Keywords
Hambatan; Olah Gerak; Lambung; Tradisional; 200 GT

Article Metrics:

  1. Triarso I. Potensi dan Peluang Pengembangan Usaha Perikanan Tangkap di Pantura Jawa Tengah. J Saintek Perikan. 2012;8:65–73.
  2. Andrianto R, Wuruk T. Produksi Kapal Ikan Tradisional dengan Kulit Lambung dan Geladak Kayu Laminasi serta Konstruksi Gading dan Geladak Aluminium. J Tek Pomits. 2012;1:1–6.
  3. Mairuhu T. Perubahan Bentuk Lambung Kapal terhadap Kinerja Motor Induk. J Teknol. 2010;7:717–21.
  4. MH R, Syaifuddin, Zain J. Buku Ajar Rancang Bangun Kapal Perikanan. Riau: Universitas Riau; 2014.
  5. UU RI No. 17. In: Pelayaran. 2008.
  6. M IP, Jatmiko S, Susilo F. Analisa Investasi Kapal Ikan Tradisional Purseiner 30 GT. Kapal. 2012;9(2):58–67.
  7. UU RI No. 31. In: Perikanan. 2004.
  8. Bs AW. Analisa Devinisi Kapal Ikan Purse Seine 109 GT KM. Surya Redjeki. Univ Diponegoro. :1–7.
  9. Rosmani, Asri S, Wahyuddin, Karim AA, D IRA. Pengaruh Bentuk Lambung Terhadap Tahanan Kapal. Has Penelit Fak Tek. 2013;7:978–9.