Analisa Teknisdan Ekonomis Penggunaan Wind Turbine Untuk Konversi Energi Pada Kapal Ikan Yang Menggunakan Sistem Pendingin Refrigrated Sea Water

*Reingga Surya Bentara  -  Departement Teknik Perkapalan, FakultasTeknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departement Teknik Perkapalan, FakultasTeknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
K. Kiryanto  -  Departement Teknik Perkapalan, FakultasTeknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Semakin menipisnya ketersediaan sumber energi mengakibatkan harga bahan bakar minyak menjadi tinggi. Yang berdampak pada  dunia perkapalan, karna merupakan salah satu armada transportasi yang juga menggunakan bahan bakar minyak. Berangkat dari permasalahan tersebut, tugas akhir ini mencoba menghadirkan satu solusi untuk mengurangi pemakaian bahan bakar minyak dengan menggunakan wind turbine untuk mensuplai kebutuhan system pendingin pada kapal ikan. Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mendapatkan tipe dan ukuran wind turbine yang optimum serta memiliki biaya investasi yang rendah dan mendapatkan keuntungan ekonomis. Analisis wind turbine yang dilakukan adalah pada kecepatan kapal 9 knot, kecepatan angina 10,159 knot sehingga didapat kecepatan angin yang bekerja pada wind turbine sebesar 13,57 knot dengan sudut serang angin terhadap wind turbine (angle of attack, α) adalah 180̊ (arah angina berlawanan dengan arah kapal). Dari hasil analisa didapatkan wind turbine yang optimum untuk dipasang di kapal adalah tipe sumbu horisontal dengan diameter rotor 3,5 m dengan jumlah yang terpasang sebanyak 1 unit. Dengan menggunakan rumus teoritis didapatkan hambatan yang ditimbulkan wind turbine sebesar 8 kN sehingga mengakibatkan pengurangan kecepatan sebesar 0.406 knot. Dengan total biaya investasi dan operasional awal sebesar Rp 156.257.920, pemasangan wind turbine dapat menghemat biaya sebesar Rp 104.564.650 per tahun

Keywords: Turbin Angin; Analisa Teknis; AnalisaEkonomis; Energi Terbarukan; Kecepatan Angin

Article Metrics:

  1. Bockmann, Eirik, 2011,” Wind Turbine Propulsion of Ship”, Norwegian University of Science and Technology, Norway
  2. Lewis, E.V.(Editor), 1988, “Principle of Naval Architecture, Volume II. – Resistance, Propulsion and Vibration”, The Society of Naval Architecture and Marine Engineers, Jersey City
  3. Lysen, E. H., Agustus 1982, “Introduction to Wind Energy”, CWD Amersfoort The Netherlands.
  4. Park, Jack., 1981, “The Wind Power Book”, Cheshire Books, Palo Alto California.
  5. Strong, Simon James., 2008, Dissertation“Design of a Small Wind Turbine”, University of Southern Queensland, Australia
  6. Molland, A.F. 208, A Guide to Ship Design, Construction and Operation, The Maritime Engineering Reference Book, Butterworth-Heinemann, Elsevier.
  7. Harvald. Sv. Aa.,1992, “Resistance and Propulsion of Ship”, Department of Ocean Engineering and John willey & sons Inc, New York.
  8. Fingersh.L, Hand.M, and Laxson.A, December 2006, “Wind Turbine Design Cost and Scaling Model”, Technical Report NERL/TP-500-40566, National Renewable Energy Laboratory, Colorado.
  9. Sitorus, Boris De Palma. 2015. Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Wind Turbine Dan Solar Cell Pada Kapal Perikanan. Skripsi Sarjana Pada FT UNDIP Semarang: Diterbitkan Tahun 2015