BibTex Citation Data :
@article{JTP19933, author = {Nurfi Afriansyah and Berlian Arswendo Adietya and Good Rindo}, title = {Studi Desain Analisa Perbandingan Performance Kapal Perintis 750 DWT dengan Variasi Hull Menggunakan Pelat Datar}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {6}, number = {1}, year = {2018}, keywords = {Kapal Perintis; Pelat datar; Stabilitas; Olah gerak; Seakeeping}, abstract = { Salah satu bentuk inovasi untuk mengurangi waktu dan biaya produksi kapal yakni membuat bentuk lambung dengan pelat baja tanpa adanya proses bending. Secara teknis pembuatan lambung dengan metode ini memiliki pengaruh dalam perubahan performa kapal.Maka dari itu perlu dilakukan perhitungan untuk mengetahui perubahan tersebut terhadap performa kapal. Pada penelitian ini, penulis mencoba untuk membuat desain variasi kapal dengan metode pelat datar yang mengacu pada kapal perintis 750 DWT sebagai desain originalnya, yang nantinya akan dibandingkan nilai performa kapal meliputi; stabilitas, hambatan dan olah geraknya. Untuk perhitungan analisa stabilitas kapal dilakukan dengan menggunakan pendekatan naval architecture commercial software yang mengacu pada kriteria IMO code on Intact stability A.749 (18), Ch 3-design criteria applicable to all ships . Dari hasil analisa perbandingan stabilitas pada setiap kondisi operasi kapal secara keseluruhan memenuhi kriteria IMO . Olah gerak kapal dianalisa untuk memperhatikan gerakan heaving, rolling dan pitching kapal saat kondisi sarat penuh pada kecepatan dinas (V=12 Knot) . Hasil analisa RMS Roll untuk desain original dan modifikasi 1, 2 paling tinggi terdapat pada sudut 90 0 yaitu 8.96, 8.99 dan 8.32. deg . Sedangkan untuk RMS Pitch kapal terbesar terjadi pada head wave 45 0 untuk semua kapal, dengan RMS Pitch 1.33, 1.37 dan 1.31 deg . }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/19933} }
Refworks Citation Data :
Salah satu bentuk inovasi untuk mengurangi waktu dan biaya produksi kapal yakni membuat bentuk lambung dengan pelat baja tanpa adanya proses bending. Secara teknis pembuatan lambung dengan metode ini memiliki pengaruh dalam perubahan performa kapal.Maka dari itu perlu dilakukan perhitungan untuk mengetahui perubahan tersebut terhadap performa kapal. Pada penelitian ini, penulis mencoba untuk membuat desain variasi kapal dengan metode pelat datar yang mengacu pada kapal perintis 750 DWT sebagai desain originalnya, yang nantinya akan dibandingkan nilai performa kapal meliputi; stabilitas, hambatan dan olah geraknya. Untuk perhitungan analisa stabilitas kapal dilakukan dengan menggunakan pendekatan naval architecture commercial software yang mengacu pada kriteria IMO code on Intact stability A.749 (18), Ch 3-design criteria applicable to all ships. Dari hasil analisa perbandingan stabilitas pada setiap kondisi operasi kapal secara keseluruhan memenuhi kriteria IMO. Olah gerak kapal dianalisa untuk memperhatikan gerakan heaving, rolling dan pitching kapal saat kondisi sarat penuh pada kecepatan dinas(V=12 Knot). Hasil analisa RMS Roll untuk desain original dan modifikasi 1, 2 paling tinggi terdapat pada sudut 900 yaitu 8.96, 8.99 dan 8.32. deg. Sedangkan untuk RMS Pitch kapal terbesar terjadi pada head wave 450 untuk semua kapal, dengan RMS Pitch 1.33, 1.37 dan 1.31 deg.
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License