Analisa Teknis dan Ekonomis Penggunaan Wind Turbine Sebagai Alternatif Bahan Bakar Kapal Pembersih Gulma

*Ryan Melpin Silaen  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Berlian Arswendo Adietya  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Sarjito Jokosiworo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Armada kapal sangat bergantung pada bahan bakar minyak. Perairan Danau Toba yang disebut sebagai salah satu destinasi wisata di kotori dengan ada nya eceng gondok ,dengan pertumbuhan eceng gondok yang sangat cepat dapat menutupi aliran Danau Toba untuk itu perlu di lakukan tindakan pembersihan. Berangkat dari permasalahan tersebut, tugas akhir ini mencoba menghadirkan kapal pembersih gulma untuk digunakan dalam pembersihan eceng gondok dengan menggunakan wind turbine untuk mengurangi pemakaian bahan bakar minyak untuk mensuplai kebutuhan daya conveyor . Tujuan tugas akhir ini adalah untuk mendapatkan tipe dan ukuran wind turbine yang optimum serta memiliki biaya investasi yang rendah dan mendapatkan keuntungan ekonomis. Analisis wind turbine yang dilakukan adalah pada kecepatan kapal 8 knot, kecepatan angin 3,03 knot sehingga didapat kecepatan angin yang bekerja pada wind turbine sebesar 8,55 knot dengan sudut serang angin terhadap wind turbine (angle of atta adalah 180 arah angin berlawanan dengan arah kapal. Dari hasil analisa didapatkan wind turbine yang optimum untuk dipasang di kapal adalah tipe sumbu horisontal dengan diameter rotor 1,8 m dengan jumlah yang terpasang sebanyak 2 unit. Dengan menggunakan rumus teoritis didapatkan hambatan yang ditimbulkan wind turbine sebesar 8 kN sehingga mengakibatkan pengurangan kecepatan sebesar 0.406 knot. Dengan total biaya investasi dan operasional awal sebesar Rp 17.836.782 pemasangan wind turbine dapat menghemat biaya sebesar Rp 3.801.600 per tahun.

Keywords: Wind Turbine; Analisa Teknis; Analisa Ekonomis; Energi Terbarukan; Kecepatan Angin

Article Metrics:

  1. Lysen, E.H, Agustus 1982, “Introduction to Wind Energy”, CWD Amersfoot The Netherlands.
  2. Harvald. Sv. Aa.,1992, “Resistance and Propulsion of Ship”, Department of Ocean Engineering and John willey & sons Inc, New York.
  3. Park , Jack, 1981, “The Wind Power Book”, Cheshire Books, Palo Alto California.
  4. Lewis, E.V (Editor), 1988, “Principle Of Naval Architecture, Volume II. Resistence, Propulsion and Vibration”, The Society Of Naval Architecture and Marine Engineers, Jersey City.
  5. Molland, A.F. 208, A Guide to Ship Design, Construction and Operation, The Maritime Engineering Reference Book,Butterworth-Heinemann, Elsevier.
  6. Sitorus, Boris De Palma. 2015. Analisa Teknis Dan Ekonomis Penggunaan Wind Turbine Dan Solar Cell Pada Kapal Perikanan. Skripsi Sarjana Pada FT UNDIP Semarang: Diterbitkan Tahun 2015.
  7. United Kingdom Parliementary Office of Science and Technology.Postnote on Carbon Footprint of Electricity Generation. November 2006.
  8. Fingersh.L, Hand.M, and Laxson.A, December 2006, “Wind Turbine Design Cost and Scaling Model”, Technical Report NERL/TP-500-40566, National Renewable Energy Laboratory, Colorado.
  9. .