Analisa Kekuatan Konstruksi Stern Ramp Door Sistem Steel Wire Rope Pada Kapal Penyebrangan Penumpang Ro-Ro 500 GT Akibat Beban Statis Dengan Menggunakan Metode Elemen Hingga

*J. Johan  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Imam Pujo Mulyatno  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Good Rindo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Perencanaan konstruksi stern ramp door menggunakan data konstruksi stern ramp door dan general arrangement yang detail dan lengkap. Menggunakan regulasi rules BKI (Biro Kalsifikasi Indonesia). Menggunakan teori mekanika teknik, tegangan dan metode elemen hingga. Data di proses menggunakan software MSC. Patran untuk modelisasi stern ramp door, hasil akhirnya adalah tegangan terbesar dan deformasi maksimal. Material baja standard BKI KI-A36 dengan kriteria yaitu modulus elastisity 200 Gpa, shear modulus 79,3 Gpa, Poisson ratio 0,3 dan density 7,8 ton/m3. Melakukan meshing dan diberikan force pada titik tumpu tidak diatas web stern ramp door. Menggunakan analisa statis berdasarkan 6 variasi pembebanan disetiap jenis kendaraan. Tegangan terbesar sedan berat maksimal 1,6 ton pada node 893 dengan nilai 1,99 x 107 Pa dan deformasi maksimal 0,277 cm, tegangan terbesar truk sedang berat maksimal 12 ton pada node 635 dengan nilai 1,10 x 108 Pa dan deformasi maksimal 0,134 cm, tegangan terbesar pada truk tronton berat maksimal 24 ton pada node 719 dengan nilai 1,50 x 108 Pa dan deformasi maksimal 0,390 cm. Hasil analisa, tegangan tidak boleh melebihi batas maksimum (150) berdasarkan rules BKI dan setelah dibandingkan, menghasilkan nilai safety factor pada kendaraan sedan 7,5, truk sedang 1,36 dan truk tronton 1. Maka nilai safety factor dalam bebeapa kondisi pembebanan telah memenuhi rules BKI dan konstruksi stern ramp door masih dalam kondisi yang aman.

Keywords: Stern Ramp Door; Metode Elemen Hingga; Safety Factor

Article Metrics:

  1. Septiadi, Ardi, 2011. Analisa Kekuatan Konstruksi Side Ramp Door Sistem Steel Wire Rope Pada KM. Dharma KENCANA II Akibat Beban Statis Dengan Metode Elemen Hingga, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP: Semarang.
  2. Wijayati, Wahyu, 2013. Analisa Kekuatan Konstruksi Stern Ramp Door Pada KM. Musthika Kencana Akibat Beban Statis Berbasis Metode Elemen Hingga, Tugas Akhir, Fakultas Teknologi Kelautan, ITS: Surabaya.
  3. Diambil data yang ada pada link ini : http://www.ttsgroup.com/Product-Groups/RoRo-Equipment-/ diakses pada 01 Mei 2017.
  4. Biro Klasifikasi Indonesia. 2014. Rules for the classification and Construction. Part 1 Seagoing Ship. Volume II Rules for Hull. Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia.
  5. Biro Klasifikasi Indonesia. 2014. Rules for the classification and Construction. Part 1 Seagoing Ship. Volume V Rules for Materials. Jakarta: Biro Klasifikasi Indonesia.
  6. Khristyson, Samuel Febriary, 2014. Analisa Kekuatan Konstruksi Internal Ramp Door Steel Wire Rope Pada KM. Dharma Kencana VIII Dengan Metode Elemen Hingga, Tugas Akhir, Jurusan Teknik Perkapalan, UNDIP: Semarang.
  7. Panduan Batasan Maksimum Perhitungan JBI dan JBKI untuk Mobil Barang, Kendaraan Khusus, Kendaraan Penarik berikut Kereta Tempelan/ Kereta Gandengan, Departemen Perhubungan Direktorat Jendral Perhubungan Darat Tahun 2008