slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
Analisa Stabilitas Dan Olah Gerak Kapal Ikan Tradisional Kabupaten Rembang Tipe Alat Tangkap Cantrang Dengan Variasi Alat Tangkap Bottom Longline | Firman | Jurnal Teknik Perkapalan skip to main content

Analisa Stabilitas Dan Olah Gerak Kapal Ikan Tradisional Kabupaten Rembang Tipe Alat Tangkap Cantrang Dengan Variasi Alat Tangkap Bottom Longline

*Hendri Firman  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Deddy Chrismianto  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Cantrang merupakan alat tangkap perikanan yang termasuk kedalam alat tangkap Trawls, oleh sebab itu alat tangkap cantrang mulai dilarang penggunaannya di Indonesia. Untuk didaerah Rembang sendiri mayoritas nelayan menggunakan alat tangkap cantrang sebagai alat tangkapnya, dan ini merupakan masalah yang harus diatasi agar tetap terjaganya produksi perikanan di daerah Rembang. Untuk itu perlu dilakukan analisa stabilitas dan olah gerak kapal terhadap penggantian alat tangkap guna tetap terjaganya produksi perikanan didaerah Rembang. Penelitian ini dilakukan dengan beberapa langkah meliputi survey langsung dengan nelayan daerah Rembang untuk mendapatkan beberapa data dan mengolahnya di software Rhinoceros untuk mendapatkan model. Lalu model tersebut divalidasi agar sesuai dengan kapal sebenarnya setelah itu dapat dilakukan analisa stabilitas, olah gerak kapal dan perhitungan slamming dan deck wetness. Hasil dari penelitian ini menunjukan dengan penggantian alat tangkap cantrang dengan bottom longline stabilitas kapal memiliki titik G diatas titik M disegala kondisi dan masih sesuai dengan kriteria IMO. Olah gerak kapal untuk rolling memiliki nilai sebesar 4,09 deg pada sudut 90° baik pada kecepatan 0 maupun 8 knot. Untuk pitching pada kecepatan 0 knot sebesar 1,89 deg dan pada kecepatan 8 knot sebesar 1,61 deg dengan sudut masuk 0° (Following sea).

Fulltext View|Download
  1. Perikanan, D. dan K. (2012). Profil Potensi Kelautan dan Perikanan Kabupaten Rembang 2013. Rembang
  2. Perikanan, D. dan K. (2014). Perikanan dalam Angka. Provinsi Jawa Tengah
  3. Agung, P. P. P. T. (2012). Data Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Tasik Agung. Rembang
  4. Kelautan, M., Perikanan, D. A. N., & Indonesia, R. (2015). Peraturan Menteri Kelautan Dan Perikanan Republik Indonesia Nomor 2/Permen-Kp/2015. Larangan Penggunaan Alat Penangkapan Ikan Pukat Hela (Trawls) Dan Pukat Tarik (Seine Nets) Di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia
  5. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
  6. Asa, M., & Tentara, B. (2011). Bulletin PSP. KAJIAN TEKNIS PENGOPERASIAN CANTRANG DI PERAIRAN BRONDONG, KABUPATEN LAMONGAN, JAWA TIMUR, XIX, 97–104
  7. Bandengan, D. I. P., & Tengah, J. (2014). Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology Online di : http://www.ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/jfrumt Journal of Fisheries Resources Utilization Management and Technology Volume 3 , Nomor 2 , Tahun 2014 , Hlm 77-84 Online di, 3, 77–84
  8. Radhiya, R., Yudo, H., & Kiryanto, K. (2016). KAJIAN TEKNIS & EKONOMIS PERUBAHAN KAPAL IKAN ALAT TANGKAP CANTRANG MENJADI ALAT TANGKAP GILL NETT DITINJAU DARI SISTEM PENGGERAK KAPAL (STUDI KASUS KM. ROJOKOYOSAMUDRO 70 GT). Jurnal Teknik Perkapalan, 4(2). Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/13816/13366
  9. Henantyo P, R., Santosa, A., & Amiruddin, W. (2016). ANALISA TEKNIS DAN EKONOMIS KAPAL NELAYAN TRADISIONAL TYPE KRAGAN DENGAN ALAT TANGKAP PURSE SEINE. Jurnal Teknik Perkapalan, 4(1). Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/13606/13160
  10. Aglomerra, H., Santosa, A., & Kiryanto, K. (2014). ANALISA STABILITAS DAN OLAH GERAK PADA KM. YELLOW FIN SETELAH PENAMBAHAN KAPAL PANCING. Jurnal Teknik Perkapalan, 2(4). Retrieved from http://ejournal-s1.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/7113/6880
  11. Manik, P. Analisa Gerakan Seakeeping Kapal Pada Gelombang Reguler, Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro
  12. F.B, Robert. 1998. Motion In Waves and Controllability, Principles of Naval Architecture Volume III. The Society of Naval Architecture and Marine Engineers, USA
  13. Prakiraan, I. I. I., & Pelayanan, W. (2017). STASIUN METEOROLOGI MARITIM SEMARANG. Retrieved from http://maritim.bmkg.go.id/prakiraan/satu_minggu_kedepan. (berlaku sampai dengan : 07.00 WIB Jumat 2 Juni 2017)
  14. M.Tello, S Ribeiro e Silva, C Guedes Soares.(2010). Seakeeping performance of fishing vessels in irregular waves. Elsevier

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.