Analisa Kekuatan Pondasi Bollard Pada Tongkang Santan 195 Dengan Metode Elemen Hingga

*Irvan Putera Samudera  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Hartono Yudo  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Indonesia
Eko Sasmito Hadi  -  Departemen Teknik Perkapalan, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract

Tongkang merupakan salah satu media yang biasa digunakan untuk pengujian kemampuan kapal tunda (Bollard Pull Test). Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan nilai analisa kekuatan terjadi pada konstruksi pondasi bollard tongkang, mengetahui variasi pada bollard tongkang untuk meminimalisir kerusakan saat tegangan maksimum dan jenis desain bolard tongkang yang paling optimal. Hasil analisa bollard yang dilakukan ketika ditarik rah 0 derajat nilai tegangan maksimum dengan variasi 2 bracket sebesar 8,25 x 102 N/mm2, 3 bracket sebesar 8,3 x 102 N/mm2 dan 4 bracket sebesar 8,2 x 102 N/mm2. Diarah 30 derajat dengan variasi 2 bracket sebesar 3,06 x 102 N/mm2, 3 bracket sebesar 3,04 x 102 N/mm2dan 4 bracket 3,06 x 102 N/mm2. Diarah 45 derajat sebesar dengan variasi 2 bracket sebesar 5,86 x 102 N/mm2, 3 bracket sebesar 6,34 x 102 N/mm2dan 4 bracket sebesar 5,8 x 102 N/mm2. Diarah 60 derajat dengan variasi 2 bracket sebesar 3,06 x 102 N/mm2, 3 bracket sebesar 8,93 x 102 N/mm2, dan 4 bracket sebesar 3,06 x 102 N/mm2. Diarah 90 derajat dengan variasi 2 bracket sebesar 3,02 x 102 N/mm2, 3 bracket sebesar 3,04 x 102 N/mm2dan 4 bracket sebesar 8,2 x 102 N/mm2.

Article Metrics:

  1. Alam, M.S. 2005. Finite element Modeling of Fatigue Crack Growth in Curved-Welded Joints Using Interface Elements. University of Illinois. Illinois
  2. Jatmiko, S., Tunjung, W.H. 2011. Analisa Kekuatan Pondasi Z – Peller Karena AdanyaPerubahan Konstruksi Pada Kapal Tug Boat Anoman VDengan Metode Elemen Hingga. Fakultas Teknik Perkapalan, Universitas Diponegoro. Semarang. 3(8):126-133
  3. Kumar, Y.V.S., M. Mukhopadhyay. 2000. Finite Element Analysis Of Ship Structures Using A New Stiffened Plate Element. [Applied Ocean Research ]. Department of Ocean Engineering and Naval Architecture, Indian Institute of Technology. Kharagpur, India. 22:361-374
  4. Mulyatno, I.P., Berlian A.A., Muhammad, A. 2012. Analisa Kekuatan Konstruksi Bracket Towing Hook Pada Tb. Bontang Dengan Metode Elemen Hingga Dan Rules BKI. Program Studi S1Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro. Semarang. 1(9):1-5
  5. Popov, E.P. 1978.Mechanics of Material, 2nd edition, Prentice-Hall, Inc., Englewoood Cliffs. New Jersey. USA.
  6. S, A. W. B., Trimulyono, A., & Ubaidilah, M. F. (2012). Perancangan Kapal Tongkang Sebagai Penyebrangan Masyarakat di Sungai Bengawan Solo, Desa Jimbung Kabupaten Blora – Desa Kiringan Kabupaten Bojonegoro, 9(1).
  7. Zahalka, C. P. (2007). Bollard Pull. Association of Hanseatic Marine Underwriters. 1–10.