Studi Rancang Drillship Perairan Laut Jawa Indonesia

Indonesia adalah salah satu negara didunia yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah,kita sebagai warga indonesia harusnya turun berperan dalam proses ekplorasi terhadap kekayaan alam Indonesia khusunya minyak bumi, Drillship merupakan kapal yang memiliki kemampuan untuk ekplorasi minyak dengan keunggulan yang lebih dibandingkan dengan bangunan offshore lainya. Kemampuan Drillship diantaranya mampu berpindah-pindah tempat karena Drillship ini merupakan alat pengeboran minyak yang berbentuk kapal (kapal yang memiliki alat RIG/ pengeboran). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk merancang Drillship yang mampu untuk membantu dalam proses ekplorasi minyak dan memiliki ukuran utama kapal yang sesuai dengan perairan Indonesia khususnya laut Jawa. Perancangan kapal dengan metode perbandingan, regresi menggunakan software SPSS untuk mendapatkan ukuran utama kapal, untuk pemodelan kapal menggunakan software Rhinoceros dan software Maxsurf untuk analisa karakteristik kapal. Ukuran utama kapal didapatkan yaitu LPP = 155,60 m, B = 28,10 m, H = 14,10 m, T = 8,56 m, Vs = 9 knot, DWT = 26793,1m.
Article Metrics:
- .IMO.tahun 1993 (International Maritime Organization)
- .Iswara.,I.D.G.NgurahKrishna.Djatmiko.,E.B.et.al.“Evaluasi aspek greenwater pada perancangan Drillship displasemen 35.000 ton”. Jurusan Teknik Kelautan ITS
- .Shahindra.Tengku.”Kondisi minyak Indonesia
- . Ship Resistance and Propulsion, 2011: 168
- . http://suarabaharijatim.blogspot.co.id/2009/07/pelabuhan-tanjung-perak.html
- (di akses tanggal 20 januari 2015)
- . (Sumber: http://kapal-kimia.blogspot.com/2011/04/design-kapal-ship-acquisition-process.html)
- (di akses tanggal 20 januari 2015)
- . http://infotambang.com/offshore-drilling- activities-p1504-174.htm
- (di akses tanggal 20 Januari 2015)
- . http://www.gustomsc.com/
- (di akses tanggal 25 Januari 2015)