BibTex Citation Data :
@article{JTP13648, author = {M. Ulil Anwar and Andi Trimulyono and Muhammad Iqbal}, title = {STUDI PERANCANGAN DESAIN LAYAR BERBASIS CFD PADA PERAHU MOTOR TEMPEL TIPE KATIR DI PELABUHAN SADENG GUNA PENGHEMATAN BBM}, journal = {Jurnal Teknik Perkapalan}, volume = {4}, number = {1}, year = {2016}, keywords = {Layar; CFD (Computational Fluid Dynamic); Angle of attack}, abstract = { Layar merupakan salah satu dari berbagai macam alat penggerak yang digunakan untuk menggerakan kapal. Besarnya gaya dorong yang dihasilkan oleh layar sangat tergantung oleh arah dan kecepatan angin. Selain itu besarnya gaya dorong dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran layar. Tujuan penulisan ini ialah untuk mengetahui bentuk layar yang dapat memberikan kontribusi kecepatan paling optimum pada perahu motor tempel katir. Ukuran layar pada penelitian ini merupakan hasil ekstrapolasi atau membandingkan dengan ukuran layar yang sudah ada yaitu didapat luasan layar 29 m 2 . Selanjutnya bentuk layar divariasikan menjadi 3 (tiga) macam bentuk yakni persegi panjang, segitiga dan trapesium. Analisis gaya dorong dilakukan dengan menggunakan CFD (Computational Fluid Dynamic) . Untuk menghitung kontribusi gaya dorong layar terhadap kecepatan kapal, maka dilakukan perhitungan hambatan kapal menggunakan metode Holtrop. Analisis gaya dorong layar dilakukan pada variasi kecepatan angin yakni 4-12 knot arah angin terhadap layar ( Anggle of attack ) sebesar 0 0 , 30 0 , 60 0 , 90 0 . Dari hasil analsis CFD didaatka kontribusi terbesar layar terhadap kecepatan kapal 4,4 knot untuk layar segitiga, 4,3 knot trapesium dan 3,79 untuk persegi panjang. Kontribusi tersebut didapatkan dri layar dengan posisi 90 0 terhadap arah angin ( Angle of attack ). }, url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval/article/view/13648} }
Refworks Citation Data :
Layar merupakan salah satu dari berbagai macam alat penggerak yang digunakan untuk menggerakan kapal. Besarnya gaya dorong yang dihasilkan oleh layar sangat tergantung oleh arah dan kecepatan angin. Selain itu besarnya gaya dorong dipengaruhi oleh bentuk dan ukuran layar. Tujuan penulisan ini ialah untuk mengetahui bentuk layar yang dapat memberikan kontribusi kecepatan paling optimum pada perahu motor tempel katir. Ukuran layar pada penelitian ini merupakan hasil ekstrapolasi atau membandingkan dengan ukuran layar yang sudah ada yaitu didapat luasan layar 29 m2. Selanjutnya bentuk layar divariasikan menjadi 3 (tiga) macam bentuk yakni persegi panjang, segitiga dan trapesium. Analisis gaya dorong dilakukan dengan menggunakan CFD (Computational Fluid Dynamic). Untuk menghitung kontribusi gaya dorong layar terhadap kecepatan kapal, maka dilakukan perhitungan hambatan kapal menggunakan metode Holtrop. Analisis gaya dorong layar dilakukan pada variasi kecepatan angin yakni 4-12 knot arah angin terhadap layar (Anggle of attack) sebesar 00, 300, 600, 900. Dari hasil analsis CFD didaatka kontribusi terbesar layar terhadap kecepatan kapal 4,4 knot untuk layar segitiga, 4,3 knot trapesium dan 3,79 untuk persegi panjang. Kontribusi tersebut didapatkan dri layar dengan posisi 900 terhadap arah angin (Angle of attack).
Last update:
Jurnal Teknik Perkapalan oleh http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/naval disebarluaskan di bawah Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License