skip to main content

PENGARUH LATIHAN SKIPPING TERHADAP TINGKAT KONSENTRASI MAHASISWA FK UNDIP

*Rara Badriya Agustin  -  , Indonesia
Endang Kumaidah  -  , Indonesia
Saekhol Bakri  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Skipping merupakan salah satu jenis dari olahraga aerobik. Melakukan aktivitas fisik seperti latihan skipping akan meningkatkan fungsi kognitif otak salah satunya fungsi atensi yang  mengakibatkan peningkatan konsentrasi seseorang. Belum ada peneitian yang membahas tentang pengaruh latihan skipping terhadap tingkat konsentrasi.

Tujuan: Mengetahui pengaruh latihan skipping terhadap tingkat konsentrasi  mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Metode: Penelitian quasi eksperimental dengan metode pre-test dan post-test unequivalent group. Subjek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro (n=28) berusia 18-22 tahun yang dipilih secara purposive sampling menjadi kelompok perlakuan dan kontrol. Penelitian ini menggunakan DSST untuk pengambilan data tingkat konsentrasi pre-test dan post-test yang dilanjutkan analisis menggunakan uji t berpasangan, t tidak berpasangan, Wilcoxon dan Mann-Whitney.

 Hasil: Terdapat peningkatan tingkat konsentrasi setelah perlakuan latihan skipping rutin selama 6 minggu. Pada kelompok perlakuan didapatkan rerata 67,21 ± 7,85 menjadi 75,79 ± 8,59 pada post-test I dan 82,86 ± 9,96 pada postest II.

Kesimpulan: Latihan skipping dapat meningkatkan nilai tingkat konsentrasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Kata kunci: DSST, Skipping, Konsentrasi
Fulltext View|Download
Keywords: DSST, Skipping, Konsentrasi

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.