skip to main content

EFEKTIVITAS VIRGIN COCONUT OIL DALAM PENANGANAN HAND FOOT SYNDROME PADA PASIEN KANKER PAYUDARA YANG MENDAPAT KEMOTERAPI CAPECITABINE PER ORAL DILIHAT DARI SKOR KUALITAS HIDUP DAN DERAJAT HAND FOOT SYNDROME

*Muhammad Reza Tryas Putra  -  , Indonesia
Yan Wisnu Prajoko  -  , Indonesia
Selamat Budijitno  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Penanganan pada pasien yang menderita kanker salah satunya adalah kemoterapi karena terbukti dapat memperpanjang kelangsungan hidup dan meningkatkan kualitas hidup. Namun selain manfaat kemoterapi juga dapat menimbulkan efek negatif bagi penggunanya. Salah satunya adalah hand foot syndrome. Hand foot syndrome adalah efek samping kemoterapi yang sering ditemukan dan perlu penanganan yang tepat. Selain urea cream, minyak kelapa murni juga dapat melindungi kulit karena bekerja sebagai pelembab dan anti inflamasi.

Tujuan: Membuktikan adanya efektivitas virgin coconut oil  dalam penanganan hand foot syndrome pada pasien kanker payudara yang mendapat kemoterapi capecitabine per oral.

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pretest-posttest control group design . Penelitian ini dilakukan di RSUP Dr. Kariadi, Semarang. Sampel penelitian dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol (n=31) yang diberikan pretest, lalu pemberian krim minyak kelapa murni, kemudian diberikan  posttest. Skor hand foot syndrome setelah diberikan krim minyak kelapa murni dianalisis dengan uji Kendall’s tau b dan Mann Whitney, skor kualitas hidup di analisis dengan Paired T test, dan uji korelasi antara grade hand foot syndrome dengan kualitas hidup pasien kanker payudara menggunakan uji Spearman.

Hasil: Diantara kedua kelompok, skor hand foot syndrome pada kelompok perlakuan mengalami perbaikan (p=0,011)

Kesimpulan: Terdapat perbaikan skor hand foot syndrome dan skor kualitas hidup pada pasien kanker payudara yang mendapat kemoterapi capecitabine per oral yang diberikan krim Virgin Coconut Oil

Kata Kunci:  kanker payudara, kemoterapi, kualitas hidup, hand foot syndrome¸virgin coconut oil, urea cream

Fulltext View|Download
Keywords: kanker payudara, kemoterapi, kualitas hidup, hand foot syndrome¸virgin coconut oil, urea cream

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.