skip to main content

PENGARUH PERSEPSI IBU HAMIL TERHADAP TINGKAT KEPUASAN IBU HAMIL PADA INTERPROFESSIONAL EDUCATION FK UNDIP

*Vinia Rahma Widyaningrum  -  , Indonesia
Saekhol Bakri  -  , Indonesia
Dea Amarilisa Adespin  -  , Indonesia
Bambang Hariyana  -  , Indonesia
Dian Puspita Dewi  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Interprofessional education (IPE) adalah kegiatan pembelajaran dua mahasiswa atau lebih dengan disiplin ilmu yang berbeda dalam bidang kesehatan yang berupaya untuk meningkatkan pelayanan kesehatan melalui sebuah kolaborasi. Keberhasilan dari pelaksanaan IPE ini dapat dicerminkan melalui kepuasan ibu hamil terhadap program IPE.

Tujuan: Menganalisis persepsi ibu hamil terhadap tingkat kepuasan ibu hamil pada Interprofessional education (IPE) yang dilakukan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro terhadap pendampingan ibu hamil yang dilaksanakan pada semester 6.

Metode: Penelitian cross-sectional, responden ibu hamil sebanyak 83 sampel dengan metode simple random sampling. Peneliti memberikan kuesioner kepada subjek penelitian, hasil kuesioner tersebut diolah menggunakan SPSS 21 yang terdiri dari analisis univariat. Analisis univariat dengan distribusi frekuensi serta proporsinya, untuk melihat tingkat kepuasan ibu hamil terhadap IPE dengan faktor yang berhubungan dengan kepuasan ibu hamil.

Hasil: Hasil menunjukkan sebesar 51,8% ibu hamil merasa puas dan sebesar 48,2% ibu hamil merasa tidak puas pada pelaksanakan program IPE di Puskesmas Rowosari Kecamatan Tembalang, Semarang. Sedangkan, hasil perhitungan Prevalance Rate (PR) diperoleh 24,667 dengan nilai kemaknaan 0,000 yang artinya ibu hamil dengan persepsi yang baik memiliki tingkat kepuasan 25 kali lebih baik dibanding ibu hamil dengan persepsi yang kurang.

Kesimpulan: Persepsi ibu hamil yang baik terhadap program IPE menghasilkan tingkat kepuasan yang baik

Fulltext View|Download
Keywords: Interprofessional Education, Ibu hamil, Puskesmas Rowosari, Tingkat kepuasan.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.