skip to main content

PENGARUH MEMORY TRAINING DENGAN APLIKASI MEMORADO TERHADAP MEMORI JANGKA PENDEK DIUKUR DENGAN SCENERT PICTURE MEMORY TEST

*Bianca Magdalena  -  , Indonesia
Yosef Purwoko  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang : Memori adalah kemampuan otak manusia dalam mengkode, menyimpan, mempertahankan, dan mengingat kembali informasi atau pengalaman di masa lalu. Memori terbagi menjadi memori jangka panjang, memori menengah, dan memori jangka pendek. Memori jangka pendek adalah inisiasi dari memori yang lebih kompleks dan merupakan awal dari proses belajar dan pembentukan kepribadian. Memory training adalah aktivitas untuk melatih memori otak manusia. Memory training dilakukan dengan aplikasi Memorado yang dikembangkan oleh developer dari Jerman sebagai stimulasi pada memori jangka pendek. Scenery Picture Memory Test  dilakukan untuk mengetahui skor memori jangka pendek.

Tujuan : Mengetahui pengaruh memory training dengan aplikasi Memorado terhadap memori jangka pendek diukur dengan Scenery Picture Memory Test.

Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain one group pre and post-test. Dilaksanakan di Laboratorium Fisiologi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro. Subyek penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran semester 6, berusia 18–23 tahun (n=23). Memori jangka pendek diukur dengan Scenery Picture Memory Test. Uji hipotesis yang digunakan adalah uji t berpasangan.

Hasil : Rerata skor memori jangka pendek sebelum perlakuan memory training  adalah 12,79±4,27 dan sesudah perlakuan memory training dengan aplikasi Memorado meningkat menjadi 17,75±4,51. Peningkatan yang bermakna setelah uji t berpasangan dengan nilai p <0,001.

Kesimpulan : Perlakuan memory training dengan aplikasi Memorado selama 30 hari dapat meningkatkan memori jangka pendek.

Fulltext View|Download
Keywords: Memori, memori jangka pendek, memory training, Memorado, Scenery Picture Memory Test

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.