skip to main content

FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KINERJA MAHASISWA S-1 PENDIDIKAN DOKTER UNIVERSITAS DIPONEGORO DALAM PELAKSANAAN KEGIATAN INTERPROFESSIONAL EDUCATION TAHUN 2017

*Desti Ratna Pratiwi  -  , Indonesia
Dea Amarilisa Adespin  -  , Indonesia
Budi Palarto Soeharto  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang Interprofessional Education penting dilaksanakan bagi mahasiswa kesehatan karena merupakan suatu program yang bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan antarprofesi dalam menciptakan pelayanan kesehatan yang komprehensif bagi masyarakat. Kemampuan kolaborasi yang dilakukan mahasiswa kesehatan sejak dini melalui program IPE diharapkan dapat menjadi bekal untuk meningkatkan kualitas mutu pelayanan kesehatan di Indonesia.

Tujuan Mengetahui faktor yang berhubungan dengan kinerja mahasiswa S-1 Pendidikan Dokter Universitas Dipongoro dalam pelaksanaan kegiatan Interprofessional Education tahun 2017.

Metode Penelitian kuantitatif dengan rancangan desain analisis deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Subjek penelitian dipilih menggunakan  snowball sampling dari mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Diponegoro yang duduk di semester 6 sebagai peserta IPE dan didapatkan 92 sampel yang memenuhi kriteria inklusi. Pengumpulan data dengan pencatatan hasil jawaban kuesioner yang diisi subjek penelitian. Uji Hipotesis menggunakan Pearson-Chi Square.

Hasil Mahasiswa S-1 Pendidikan Dokter Universitas Diponegoro pada pelaksanaan kegiatan Interprofessional Education tahun 2017 sebagian besar memiliki persepsi, keterampilan, sikap dan kemampuam tim yang baik sehingga menghasilkan kinerja yang baik pada penilaian kinerja. Masing-masing faktor tersebut memiliki nilai signifikansi p < 0,05 terhadap kinerja mahasiswa pada pelaksanaan IPE.

Simpulan Terdapat hubungan antara persepsi, keterampilan, sikap dan kemampuan tim dengan kinerja mahasiswa S-1 Pendidikan Dokter Universitas Diponegoro pada pelaksanaan kegiatan Interprofessional Education tahun 2017.

Fulltext View|Download
Keywords: Interprofessional Education, persepsi, keterampilan, sikap, kemampuan tim, kinerja.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.