skip to main content

PENGARUH PENYULUHAN DENGAN METODE DISKUSI, POSTER DAN VIDEO TERHADAP TINGKAT PENGETAHUAN TENTANG PENYAKIT MENULAR SEKSUAL PADA ANAK JALANAN KOTA SEMARANG (STUDI KASUS DI RUMAH PINTAR BANG JO)

*Dian Sharafina Zatalini  -  , Indonesia
Diah Rahayu Wulandari  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Anak jalanan merupakan anak usia 5 hingga 18 tahun yang aktif bekerja di jalanan di kawasan urban. Oleh karena sebagian besar waktunya di habiskan di jalan maka anak jalanan menjadi rentan terhadap permasalahan yang ada di jalanan salah satunya adalah perilaku penyimpangan seksual. Selain itu, informasi mengenai Penyakit Menular Seksual juga masih kurang di kalangan anak jalanan.

Tujuan: Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh penyuluhan terhadap peningkatan  pengetahuan tentang Penyakit Menular Seksual pada anak jalanan .

Metode: Desain penelitian ini adalah quasi experimental  pre and post test group design. Responden dalam penelitian ini adalah anak jalanan usia 12 hingga 18 tahun yang aktif bekerja di jalanan sebanyak 40 anak. Langkah awal dilakukan wawancara pre test. Selanjutnya dilakukan edukasi mengenai Penyakit Menular Seksual. Setelah itu, dilakukan wawancara post test 1 minggu berikutnya. Data yang didapat dideskripsikan dalam bentuk tabel dan grafik, dilakukan uji Saphiro-Wilk untuk normalitas data dan T-test untuk hipotesis.

Hasil: Uji Saphiro-Wilk dan T-test menunjukkan terdapat perbedaan bermakna mengenai pengetahuan tentang Penyakit Menular Seksual sebelum dan sesudah dilakukan penyuluhan.

Simpulan: Penyuluhan dengan metode diskusi, poster dan video meningkatkan pengetahuan tentang Penyakit Menular Seksual pada anak jalanan.

Fulltext View|Download
Keywords: penyuluhan, anak jalanan, pengetahuan, Penyakit Menular Seksual

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.