skip to main content

PENGARUH RANITIDIN TERHADAP DEGENERASI AKSON AKIBAT NEUROPATI NERVUS OPTIK (STUDI PADA TIKUS WISTAR DENGAN INTOKSIKASI METANOL AKUT)

Dwi Pudjonarko  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: Kejadian keracunan minuman keras (Miras) oplosan di Indonesia menunjukkan angka yang cukup tinggi. Salah satu zat yang sering digunakan dalam minuman oplosan tersebut adalah metanol. Metanol sebenarnya tidak bersifat toksik, namun hasil metabolisme metanol bersifat toksik bagi tubuh. Salah satu dampak dari toksisitas metanol adalah masalah pada nervus optik yang dapat berakhir dengan kebutaan. Salah satu cara untuk menangani efek toksisitas metanol tersebut adalah dengan menggunakan ranitidin sebagai antidotum. Namun, pengaruh pemberian ranitidin terhadap derajat degenerasi akson nervus optik pada tikus wistar yang diintoksikasi metanol akut masih belum dilakukan penelitian lebih lanjut.

Tujuan: Mengetahui pengaruh pemberian ranitidin terhadap degenerasi akson akibat neuropati nervus optik pada tikus Wistar dengan intoksikasi metanol akut.

Metode: Penelitian eksperimental dengan rancangan penelitian post test only group design. Penelitian ini menggunakan 3 (tiga) kelompok yang terdiri atas: kelompok perlakuan, kelompok kontrol positif, dan kelompok kontrol negatif. Untuk analisis data digunakan uji Saphiro-wilk, Levene’s test,One Way Anova dan Post Hoc Benforroni.

Hasil: Tidak terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok yang diintoksikasi dengan metanol saja (kelompok kontrol positif) dengan kelompok yang diintoksikasi dengan metanol yang kemudian diberikan ranitidine (kelompok perlakuan) setelah 30 menit (p = 0.298) dan terdapat perbedaan yang bermakna antara kelompok kontrol negatif yang tidak diberi metanol maupun ranitidin dengan kelompok kontrol positif (p= 0.001).

Kesimpulan: Ranitidin dosis 30 mg/kgbb yang diberikan 30 menit setelah intoksikasi metanol akut tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap penurunan kejadian degenerasi akson akibat neuropati nervus optik pada tikus wistar yang diintoksikasi metanol akut.

Fulltext View|Download
Keywords: Metanol, Ranitidin, Tikus Wistar, Nervus Optik, Degenerasi Akson

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.