skip to main content

UJI TOKSISITAS AKUT RAMUAN EKSTRAK PRODUK X TERHADAP PERUBAHAN MAKROSKOPIS DAN MIKROSKOPIS HEPAR TIKUS SPRAGUE DAWLEY

*Rifki Adhi Nofrian  -  , Indonesia
Noor Wijayahadi  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar Belakang: : Ramuan ekstrak produk X merupakan obat tradisional yang dipercaya memiliki efek anti-inflamasi dan antioksidan yang telah lama digunakan masyarakat untuk menanggulangi masalah nyeri rematik, menyegarkan tubuh dan sebagainya. Ramuan ekstrak produk X dimetabolisme oleh hepar.

Tujuan: Untuk mengetahui ada atau tidaknya efek pemberian ramuan ekstrak produk X pada tikus Sprague Dawley yang diberikan secara akut terhadap makroskopis dan mikroskopis hepar.

Metode: Penelitian true eksperimental dengan rancangan post-test only group design. Sampel berupa 30 tikus Sprague Dawley betina yang dibagi secara acak menjadi enam kelompok. K merupakan kelompok kontrol yang hanya diberi akuades. P1, P2, P3, P4, P5 adalah kelompok perlakuan yang diberi ekstrak produk X 5 mg/kgBB, 50 mg/kgBB, 300 mg/kgBB, 2000 mg/kgBB, 5000 mg/kgBB. Pemberian ekstrak dilakukan per oral melalui sonde pada hari ke 1. Pada hari ke-8 dilakukan terminasi, hepar diambil dan diamati gambaran morfologi dan mikroskopisnya. Data makroskopis dianalisis menggunakan uji Kruskal Wallis sedangkan data mikroskopis dianalisis dengan uji One Way Annova.

Hasil:. Uji Kruskall Wallis terhadap gambaran morfologi markoskopis hepar dan berat hepar tidak didapatkan perbedaan yang bermakna dengan nilai p=1,00 dan  (p=0,051). Rerata skor perubahan histopatologi tertinggi pada kelompok P3. Skor yang dinilai meliputi perubahan berupa degenerasi albumin, degenerasi hidropik dan nekrosis. Dengan uji Anova tidak didapatkan perbedaan yang bermakna (p=0,122).

Kesimpulan: Pemberian ramuan ekstrak produk X secara akut menunjukkan gambaran makroskopis hepar normal dari tikus Sprague Dawley. Pada pemberian dengan dosis 5 mg/kgBB, 50 mg/kgBB, 300 mg/kgBB, 2000 mg/kgBB, 5000 mg/kgBB tidak menunjukkan perubahan jumlah kerusakan sel hepar tikus Sprague Dawley.

Fulltext View|Download
Keywords: Ramuan ekstrak produk X, gambaran makroskopis hepar, gambaran mikroskopis hepar

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.