skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN ASAP CAIR PADA BERBAGAI KONSENTRASI TERHADAP PERTUMBUHAN STREPTOCOCCUS SANGUIS PENYEBAB GINGIVITIS

*Susanna Arie Kondo  -  , Indonesia
Gunawan Wibisono  -  , Indonesia
V. Rizke Ciptaningtyas  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract

Latar belakang: Gingivitis adalah peradangan pada jaringan gingiva yang disebabkan oleh beberapa bakteri, salah satunya adalah bakteri Streptococcus sanguis. Gingivitis memiliki kaitan yang erat dengan plak gigi, sehingga pengobatan awal gingivitis dilakukan dengan kontrol plak baik secara mekanik maupun kimia. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan asap cair sebagai bahan percobaan, kandungan fenol pada asap cair diharapkan efektif  dalam menghambat maupun membunuh pertumbuhan bakteri S. sanguis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kadar Hambat Minimum dan Kadar Bunuh Minimum asap cair terhadap pertumbuhan bakteri S. sanguis.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimental dengan post test only control group design. Sampel penelitian ini adalah koloni S. sanguis dengan perlakuan sebanyak 6 konsentrasi asap cair (100%, 50%, 25%, 12,5%, 6,25% dan 0%) duplikasi dilakukan sebanyak 5 kali.

Hasil: Konsentrasi terendah yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri pada penelitian ini terdapat pada konsentrasi 6,25% dan konsentrasi terendah yang dapat membunuh bakteri pada penelitian ini terdapat pada konsentrasi 12,5%.

Simpulan: Pemberian asap cair pada berbagai konsentrasi berpengaruh terhadap pertumbuhan S. sanguis.

Fulltext View|Download
Keywords: Asap cair, Gingivitis

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.