skip to main content

PENGARUH STIMULASI MEDIA INTERAKTIF TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK 2-3 TAHUN

*Wida Rahmawati  -  , Indonesia
Arwinda Nugraheni  -  , Indonesia
Farid Agung Rahmadi  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang: Perkembangan bahasa merupakan indikator dari seluruh gangguan perkembangan. 80 % gangguan perkembangan disebabkan oleh kurangnya stimulasi. Media interaktif merupakan salah satu stimulasi di era digital ini. Media interaktif merupakan media audio visual yang diperkirakan dapat meningkatkan kemampuan bahasa anak 2-3 tahun. Media ini dapat meningkatakan kosa kata, fonasi serta kemampuan anak untuk memahami warna, dan angka.
Tujuan: Menganalisis perkembangan bahasa anak setelah pemberian stimulasi media interaktif
Metode: Penelitian ini berjenis quasi eperimental dengan rancangan pre test dan post test design. Sampel dipilih dengan mengunakan teknik purposive sampling. Sampel merupakan siswa dari Toddller Setulus Hati dan Tadika Puri Kota Semarang (n=30). Pemberian intervensi media interaktif dilakukan selama 3 minggu (2 kali dalam satu minggu) dengan durasi 30 menit setiap pemberian intervensi. Perkembangan bahasa dinilai sebelum dan sesudah pemberian intervensi selama 3 minggu dengan menggunakan instrument Capute Scale.
Hasil: Didapatkan peningkatan perkembangan yang bermakna sebelum dan sesudah pemberian intervensi media interaktf dengan nilai (P = 0,0001)
Simpulan: Terdapat peningkatan perkembangan bahasa anak sesudah stimulasi media interaktif
Fulltext View|Download
Keywords: Perkembangan Bahasa, Stimulasi, Media Interaktif, Capute Scale

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.