skip to main content

GAMBARAN TINGKAT KECEMASAN DAN HUBUNGANNYA DENGAN BERBAGAI FAKTOR PADA PASIEN RAWAT JALAN PUSKESMAS (STUDI DESKRIPTIF ANALITIK DI PUSKESMAS HALMAHERA SEMARANG)

*Pani Eirene Sitorus  -  , Indonesia
Alifiati Fitrikasari  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang: Kecemasan merupakan suatu kondisi psikiatrik yang sering terjadi pada pasien dan sering tidak terdiagnosis dan tidak tertangani secara adekuat. Penyebab gangguan kecemasan sampai saat ini belum dapat dipastikan dan banyak faktor dikatakan mempengaruhi terjadinya gangguan kecemasan.
Tujuan: Mengetahui gambaran tingkat kecemasan dan demografi pasien rawat jalan di Puskesmas Halmahera Semarang. Menguji hubungan penyakit medis, faktor demografi, dan stresor psikososial dengan tingkat kecemasan pasien rawat jalan di Puskesmas Halmahera Semarang.
Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik dengan desain cross sectional. Sebanyak 52 pasien rawat jalan Puskesmas Halmahera Semarang mengisi kuesioner mengenai data demografi dan Beck Anxiety Inventory (BAI).
Hasil: Sebanyak 80,8% responden mengalami kecemasan ringan dan 19,2% responden mengalami kecemasan sedang. Terdapat hubungan yang signifikan antara usia, stresor psikososial, dan penyakit medis dengan tingkat kecemasan (p<0,05). Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara jenis kelamin dan tingkat pendidikan dengan tingkat kecemasan (p>0,05).
Kesimpulan: Terdapat berbagai faktor yang berhubungan dengan tingkat kecemasan seseorang dalam penelitian ini secara khusus pada pasien rawat jalan puskesmas. Hasil penelitian ini menunjukkan pentingnya penelitian lebih lanjut mengenai hubungan antara usia, stresor psikososial, dan penyakit medis dengan kecemasan.
Fulltext View|Download
Keywords: kecemasan, demografi, stresor psikososial, penyakit medis, pasien rawat jalan, puskesmas

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.