skip to main content

FAKTOR - FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT PENGETAHUAN ORANG TUA MENGENAI KELAINAN GENETIK PENYEBAB DISABILITAS INTELEKTUAL DI KOTA SEMARANG

Puspita Kusuma Dewi  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Disabilitas intelektual (DI) disebabkan oleh beberapa faktor. Orang tua sangat berperan penting. Tingkat pengetahuan orang tua mengenai DI dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu usia, jenis kelamin, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan, paparan informasi, konsultasi kedokter, dan sosial budaya.
Metode : Metode penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel seluruh orang tua penderita DI. Lokasi di SLB-C Widya Bhakti Semarang, untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi tingkat pengetahuan orang tua mengenai penyebab DI. Sampel sebanyak 50 orang tua. Pengambilan data dengan wawancara. Data diuji menggunakan analisa Chi Square.
Hasil : Tingkat pengetahuan orang tua tentang DI di kota Semarang baik (48%). Hasil konsultasi ke dokter (p=0,056) memiliki pengaruh yang bermakna terhadap tingkat pengetahuan orang tua mengenai kelainan genetik penyebab DI. Sedangkan faktor usia (p=0,144), tingkat pendidikan (p=0,575), tingkat pendapatan (p=0,976), paparan informasi (p=0,266), dan sosial budaya berupa agama (p=0, 606) dan pekerjaan (p=0,379) tidak berpengaruh.
Kesimpulan : Faktor konsultasi ke dokter memiliki pengaruh yang bermakna terhadap tingkat pengetahuan orang tua mengenai kelainan genetik penyebab DI. Sedangkan faktor usia, tingkat pendidikan, tingkat pendapatan dan paparan informasi tidak memiliki pengaruh yang bermakna terhadap tingkat pengetahuan orang tua mengenai kelainan genetik penyebab DI.
Fulltext View|Download
Keywords: disabilitas intlektual, kelainan genetik, tingakat pengetahuan, pendidikan, pendapatan, paparan informasi, konsultasi ke dokter, sosial budaya.

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.