skip to main content

PENGARUH PEMAKAIAN SABUN SULFUR TERHADAP JUMLAH LESI AKNE VULGARIS: PENELITIAN KLINIS PADA MAHASISWI PENDERITA AKNE VULGARIS YANG DIBERI TERAPI STANDAR TRETINOIN 0,025% + TSF 15

*Mejestha Rouli Puspitasari  -  , Indonesia
Puguh Riyanto  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Akne vulgaris (AV) adalah kelainan kulit pada unit pilosebasea yang ditandai dengan komedo terbuka dan tertutup, papul, pustul, sampai pseudokista. Walaupun tidak berbahaya, AV mempunyai dampak besar bagi fisik maupun psikologis. Oleh karena itu, diperlukan penanganan yang tepat dan cepat untuk memperbaiki prognosis penderita. Sabun sulfur sebagai keratolitik dan antimokroba digunakan sebagai salah satu terapi AV.
Tujuan : Membuktikan pengaruh pemakaian sabun sulfur terhadap jumlah lesi akne vulgaris.
Metode : Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan desain Randomized Controlled Trial. Subjek penelitian berjumlah 40 orang yang terdiri dari 20 orang kelompok control dan 20 orang kelompok perlakuan. Kelompok kontrol diberikan obat topikal AV tretinoin 0,025% dan tabir surya SPF 15, sedangkan kelompok perlakuan diberikan tretinoin 0,025%, tabir surya SPF 15, dan sabun sulfur. Hari pertama dihitung jumlah lesi AV awal kemudian setelah subjek 4 minggu diberi perlakuan sesuai kelompoknya, dihitung jumlah lesi AV akhir. Uji statistik menggunakan uji T berpasangan dan uji T tidak berpasangan.
Hasil : Rata-rata total lesi AV awal adalah 64,80 pada kelompok control dan 53,90 pada kelompok perlakuan. Rata-rata total lesi AV akhir kelompok control adalah 55,35 dan pada kelompok perlakuan adalah 38,15. Pada uji T berpasangan didapatkan tidak terdapat perbedaan signifikan pada total lesi awal dan akhir kelompok control (p=0,060) dan didapatkan perbedaan signifikan pada total lesi awal dan akhir kelompok perlakuan (p=0,017). Pada uji T tidak berpasangan didapatkan selisih total lesi AV pada kedua kelompok memiliki perbedaan yang bermakna (p=0,012).
Kesimpulan : Pemberian sabun sulfur dapat menurunkan jumlah lesi akne vulgaris
Fulltext View|Download
Keywords: Sabun sulfur, Akne vulgaris, AV

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.