skip to main content

PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL SEBELUM DAN SETELAH PENYULUHAN MENGENAI INISIASI MENYUSU DINI

*Inas Sausan  -  , Indonesia
Putri Sekar Wiyati  -  , Indonesia
Ari Budi Himawan  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang : Angka cakupan ASI eksklusif di Kota Semarang masih kurang dari target nasional 80%. Hal ini disebabkan masih rendahnya pengetahuan ibu hamil mengenai inisiasi menyusu dini (IMD) yang berdampak pada sikap ibu hamil dalam memberian ASI sedini mungkin kepada bayinya. Fakta menunjukan bahwa memberikan ASI dalam satu jam pertama atau IMD dapat meningkatkan angka cakupan ASI eksklusif. Salah satu upaya penanggulangan masalah ini adalah dengan dilakukan penyuluhan.
Tujuan : Mengetahui perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap ibu hamil sebelum dan setelah penyuluhan mengenai inisiasi menyusu dini.
Metode : Penelitian ini menggunakan rancangan quasi experimental one group pretest-posttest design. Sampel berdasarkan ibu hamil berusia 20-35 tahun yang memeriksakan kehamilan di Puskesmas Halmahera dan Puskesmas Ngesrep Semarang pada bulan April-Mei 2016 yang diambil secara consecutive sampling dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 32 ibu hamil. Subjek diberi kuesioner pretest dilanjutkan dengan penyuluhan dan kemudian diberi kuesioner posttest. Analisis data untuk tingkat pengetahuan dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon, sedangkan untuk sikap dilakukan dengan uji Paired T-test.
Hasil : Adanya perbedaan yang signifikan terhadap pengetahuan dan sikap ibu hamil mengenai IMD sebelum dan setelah penyuluhan dengan p<0,001.
Kesimpulan : Terdapat peningkatan pengetahuan dan sikap ibu hamil mengenai IMD setelah dilakukan penyuluhan.
Fulltext View|Download
Keywords: Penyuluhan, tingkat pengetahuan, sikap, inisiasi menyusu dini

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.