PERBANDINGAN NILAI FLEKSIBILITAS TUBUH IBU POST PARTUM YANG MELAKUKAN DAN TIDAK MELAKUKAN SENAM PILATES

*Dyah Ayu Prabandani  -  , Indonesia
Budi Laksono  -  , Indonesia
Published: .
View
Open Access
Citation Format:
Abstract
Latar Belakang : Mengukur nilai fleksibilitas tubuh adalah salah satu cara untuk mengetahui tingkat kelenturan tubuh seorang ibu, yang dapat berpengaruh terhadap ruang gerak sendi. Pada ibu post partum akan mengalami beberapa perubahan seperti pengendoran otot dan bertambahnya berat badan yang dapat berpengaruh terhadap ruang gerak sendi. Senam pilates merupakan jenis senam yang populer di Indonesia yang menonjolkan stretching sehingga melatih kelenturan tubuh.
Tujuan Penelitian : Membuktikan perbandingan nilai fleksibilitas tubuh ibu post partum yang melakukan dan tidak melakukan senam pilates.
Metode Penelitian : Jenis penelitian adalah cross sectional. Sampel penelitian adalah kelompok pesenam pilates dan non pilates(n=15 tiap kelompok) yang diukur fleksibilitasnya dengan Sit and Reach Test. Uji hipotesis menggunakan uji T – tidak berpasangan.
Hasil Penelitian : Rerata nilai fleksibilitas kelompok pesenam pilates adalah 39,47±5,18 dengan nilai terendah 31,5 cm dan nilai tertinggi 46,5 cm. Rerata nilai fleksibiltas kelompok non pilates adalah 32,5±3,5 dengan nilai terendah 26 cm dan nilai tertinggi 38 cm. Rerata nilai fleksiblitas kelompok pesenam pilates lebih besar dibanding rerata nilai fleksibilitas kelompok non pilates.
Kesimpulan : Rerata nilai fleksibilitas tubuh ibu post partum yang rutin melakukan senam pilates lebih tinggi dibanding rerata nilai fleksibilitas tubuh ibu post partum yang tidak melakukan senam pilates.
Keywords: fleksibilitas, post partum, pilates

Article Metrics: