skip to main content

PERBEDAAN TINGKAT PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU HAMIL SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN MENGENAI IUD PASCAPLASENTA

*Danti Meirani  -  , Indonesia
Putri Sekar Wiyati  -  , Indonesia
Ari Budi Himawan  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar Belakang: IUD pascaplasenta adalah IUD yang dipasang dalam 10 menit setelah pengangkatan plasenta. Metode ini dinilai aman dan paling berpotensi dalam mencegah missed opportunity dalam ber-KB. Pemakaian KB IUD pascaplasenta saat ini dirasakan belum sesuai dengan harapan. Salah satu faktor yang menyebabkan hal ini adalah tingkat pengetahuan masyarakat yang masih rendah mengenai IUD pascaplasenta.
Tujuan: Menganalisis perbedaan tingkat pengetahuan dan sikap ibu hamil sebelum dan sesudah penyuluhan mengenai IUD pascaplasenta.
Metode: Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimental semu dengan rancangan one group pretest-posttest. Sebanyak 33 sampel diambil secara consecutive sampling dari ibu hamil yang berada pada wilayah Puskesmas Ngesrep dan Puskesmas Halmahera, Semarang. Analisis data menggunakan uji T berpasangan.
Hasil: Rerata nilai tingkat pengetahuan sebelum penyuluhan adalah 6,09 + 1,826 sedangkan sesudah penyuluhan adalah 8,15 + 1,661. Rerata nilai sikap sebelum penyuluhan adalah 35,79 + 4,709 dengan 26 responden bersikap positif dan 7 responden bersikap negatif sedangkan sesudah penyuluhan rerata nilainya 39,97 + 4,261 dengan seluruh responden bersikap positif. Terdapat perbedaan yang signifikan (p<0,05) pada tingkat pengetahuan (p=0,000) dan sikap (p=0,000) sebelum dan sesudah penyuluhan.
Kesimpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat pengetahuan dan sikap ibu hamil sebelum dan sesudah penyuluhan IUD pascaplasenta
Fulltext View|Download
Keywords: IUD Pascaplasenta, Penyuluhan, Tingkat pengetahuan, Sikap

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.