skip to main content

PENGARUH AROMATERAPI ROSEMARY TERHADAP ATENSI

*Ciwi Yoshiko  -  , Indonesia
Yosef Purwoko  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang : Aromaterapi merupakan suatu metode pengobatan alternatif berupa media bau-bauan yang berasal dari bahan tanaman mudah menguap. Selain berperan sebagai media relaksasi, aromaterapi juga memiliki pengaruh yang positif terhadap beberapa fungsi kognitif. Salah satu parameter untuk mengevaluasi kemampuan kognisi adalah atensi. Atensi merupakan suatu usaha pemusatan pikiran terhadap suatu objek untuk menghadapi objek tersebut dimana melibatkan berbagai macam aspek psikologis dan neurologis. Atensi terdiri dari tiga aspek, yaitu alerting, orienting, dan executive attention.
Tujuan : Mengetahui pemberian aromaterapi rosemary terhadap peningkatan atensi.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode eksperimental murni. Sampel penelitian adalah mahasiswa Fakultas Kedokteran Undip (n=20) yang diukur atensinya menggunakan software Attention Network Test sebelum dan sesudah diberikan paparan aromaterapi Rosemary selama ± 30 menit. Atensi antara sebelum dan sesudah bermain video game dianalisis menggunakan uji T berpasangan, sedangkan perubahan atensi antar kelompok dianalisis dengan menggunakan uji T tidak berpasangan.
Hasil : Ditemukan rerata peningkatan atensi pada fungsi alerting subjek penelitian yang diberikan paparan aromaterapi rosemary selama ± 30 menit dari 47,77 ± 21,77 ms menjadi 29,00 ± 6,14 ms dengan p = 0,001 (p < 0,05).
Kesimpulan : Pemberian paparan aromaterapi rosemary dapat meningkatkan atensi pada fungsi alerting.
Fulltext View|Download
Keywords: Aromaterapi Rosemary, Fungsi Kognitif, Atensi, Attention Network Test

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.