skip to main content

PENGARUH AKUT SUSU COKELAT DAN MINUMAN OLAHRAGA KOMERSIAL SEBAGAI MINUMAN PEMULIHAN PASCA LATIHAN PADA PROGRAM INTERVAL TRAINING (STUDI PADA SEKOLAH SEPAK BOLA UNIVERSITAS DIPONEGORO)

*Aulia Safitri  -  , Indonesia
Tanjung Ayu Sumekar  -  , Indonesia
Yuswo Supadmo  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang : Diet pasca latihan merupakan hal penting untuk mengembalikan tubuh ke kondisi sebelum melakukan latihan. Susu cokelat dipercaya dapat membantu mengisi ulang glikogen yang habis pasca latihan sedangkan minuman olahraga komersial dapat mempercepat rehidrasi, mengurangi stres fisiologis latihan, serta memasok karbohidrat yang digunakan selama latihan.
Tujuan : Mengetahui pengaruh pemberian susu cokelat dan minuman olahraga komersial secara akut terhadap masa pemulihan pasca latihan pada program interval training.
Metode : Penelitian ini menggunakan metode eksperimental. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Sepak Bola Universitas Diponegoro (n=10). Subjek penelitian dimasukkan dalam satu kelompok perlakuan, kemudian diberi tiga perlakuan berbeda yaitu air mineral, susu cokelat dan minuman olahraga komersial dimana masing-masing perlakuan berjarak 1 minggu Subjek penelitian diinduksi kelelahan dengan cara interval training berupa lari 8 x 50 m kemudian subjek diberi perlakuan dan diistirahatkan 15 menit. Indeks kelelahan subjek penelitian diukur dengan Running-based Anaerobic Sprint Test (RAST).
Hasil : Uji One Way ANOVA nilai indeks kelelahan antar kelompok menunjukkan adanya perbedaan bermakna (p =0.044). Didapatkan perbedaan nilai indeks kelelahan yang bermakna (p = 0.046) antara kelompok air mineral dengan kelompok minuman olahraga. Perbedaan nilai indeks kelelahan yang bermakna (p = 0,021) juga didapatkan antara kelompok susu cokelat dengan kelompok minuman olahraga. Perbedaan nilai indeks kelelahan antara kelompok air mineral dengan kelompok susu cokelat menunjukkan tidak ada perbedaan yang bermakna (p = 0.723).
Kesimpulan :.Pemberian susu cokelat dan minuman olahraga komersial memiliki pengaruh akut terhadap masa pemulihan pasca latihan pada program interval training
Fulltext View|Download
Keywords: Susu cokelat, Minuman Olahraga Komersial, Indeks Kelelahan, Running-based Anaerobic Sprint Test

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.