skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN DARK CHOCOLATE TERHADAP JUMLAH SPERMATOZOA MENCIT BALB/C JANTAN YANG DIPAPAR ASAP ROKOK

*Arinta Retno Anggi  -  , Indonesia
Eka Chandra Herlina  -  , Indonesia

Citation Format:
Abstract
Latar belakang : Asap rokok merupakan senyawa radikal bebas yang dapat menyebabkan keadaan patologis pada tubuh, salah satunya dapat memberikan gangguan pada jumlah spermatozoa. Dark chocolate adalah salah satu makanan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, kandungan flavonoidnya yang berfungsi sebagai antioksidan mampu menurunkan jumlah rantai radikal bebas pada oksidasi lipid.
Tujuan : Membuktikan pemberian dark chocolate dengan dosis bertingkat dapat mempengaruhi jumlah spermatozoa pada mencit Balb/c jantan yang dipapar asap rokok.
Metode : Penelitian ini menggunakan post test only control group design. Jumlah sampel sebanyak 40 mencit Balb/c jantan yang dibagi menjadi 5 kelompok. Kelompok K(-) adalah kelompok tanpa perlakuan. Kelompok K(+) hanya diberi paparan asap rokok. Kelompok P1 dipapar asap rokok dan diberi dark chocolate dosis 0,05 gram/hari. Kelompok P2 dipapar asap rokok dan diberi dark chocolate dosis 0,1 gram/hari. Kelompok P3 dipapar asap rokok dan diberi dark chocolate dosis 0,2 gram/hari. Perlakuan selama 28 hari, pada hari ke-29 semua mencit diterminasi dan diperiksa jumlah spermatozoanya.
Hasil : Rerata jumlah spermatozoa adalah: Kelompok K(-)=22,9; Kelompok K(+)=4; Kelompok P1=11,5; Kelompok P2=19,6; Kelompok P3=20,6. Uji Oneway ANOVA didapatkan perbedaan yang bermakna antara kelima kelompok tersebut. Uji Post-Hoc didapatkan perbedaan bermakna antara K(-) dengan K(+), K(-) dengan P1, K(+) dengan P1, K(+) dengan P2, K(+) dengan P3, P1 dengan P2, dan P1 dengan P3.
Kesimpulan : Pemberian dark chocolate dengan dosis 0,05 gram setiap hari selama 28 hari dapat meningkatkan jumlah spermatozoa pada Mencit Balb/c jantan yang dipapar asap rokok secara signifikan.
Fulltext View|Download
Keywords: Asap rokok, dark chocolate, jumlah spermatozoa

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.