skip to main content

PENGARUH KEDALAMAN DAN JARAK DARI PANTAI TERHADAP KELIMPAHAN DAN POLA SEBARAN SAND DOLLAR DI PANTAI BARAKUDA PULAU KEMUJAN TAMAN NASIONAL KARIMUNJAWA

Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Jurusan Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Published: 29 Oct 2013.

Citation Format:
Abstract

Sand dollar merupakan kelas Echinoidea dari filum Echinodermata yang memiliki bentuk tubuh irregular yaitu bentuk tubuh bilateral dan pipih atau oval tanpa lengan, duri-duri menutup tubuh. Habitatnya di dasar perairan yang berpasir atau daerah berlumpur.Pantai Barakuda merupakan salah satu pantai di pulau Kemujan yang mempunyai daerah rataan pasir yang luas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi jenis, kelimpahan dan pola sebaran sand dollar di Pantai Barakuda, untuk mengetahui variabel yang paling dominan antara kedalaman, jarak atau keduanya. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juni 2013di Pantai Barakuda Pulau Kemujan Taman Nasional Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Metode penelitian yang digunakan adalah survei lapangan yang bersifat deskriptif, pengambilan data dilakukan menggunakan line transek sepanjang 50 m dan kuadran transek 1x1 m. Pengamatan dilakukan dengan mengambil 2 stasiun, stasiun A yaitu dengan berjarak 20 meter dari tepi pantai dan stasiun B dengan berjarak berkisar 70 meter dari tepi pantai. Setiap stasiun ditarik 3 line transek yang sejajar dengan pantai sepanjang 50 meter, dengan jarak 10 meter antar line transek. Pengambilan sand dollar didalam kuadran dilakukan pada tiap meter dengan melihat jenis dan jumlahnya. Data yang diperoleh dianalisa menggunakan analisa regresi berganda.

Hasil penelitian menunjukkan di pantai Barakuda terdapat 14 corak jenis sand dollar (Laganum sp). Pengamatan dan perhitungan yang dilakukan, didapatkan jumlah Laganum sp di stasiun A sebanyak 351 individu, sedangkan  pada stasiun B sebanyak 779 individu. Kelimpahan relatifnya terbesar yang didapatkan di pantai Barakuda pada corak  jenis corak 1 dan corak 5 sedangkan kelimpahan relatif  terkecil adalah corak 12 dan corak 14. Pola sebarannya sebagian besar termasuk mengelompok (clumped) dan beberapa termasuk seragam (uniform). Kelimpahan dan pola sebaran dipengaruhi oleh kedalaman dan jarak.

Fulltext View|Download
Keywords: Taman Nasional; pantai; kedalaman; jarak; kelimpahan; pola sebaran; sand dollar

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.