skip to main content

KELIMPAHAN HEWAN MAKROBENTOS YANG BERASOSIASI PADA HABITAT LAMUN DENGAN JARAK BERBEDA DI PERAIRAN PULAU PRAMUKA KEPULAUAN SERIBU

Published: .

Citation Format:
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2012 di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sistematik sampling artinya sampling yang disusun dengan lokasi dan waktu sampling dibuat dengan pola teratur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis lamun yang ditemukan di Pulau Pramuka Kepulauan Seribu adalah Enhalus acoroides, Thalassia hemprichii, Cymodocea rotundata, Halophila ovalis dan Syringodium. Kelimpahan hewan makrobentos pada habitat lamun dengan jarak berbeda, yaitu Stasiun A (6 meter) 10 spesies dengan 52 individu dan Stasiun B (50 meter) 12 spesies dengan 69 individu. Nilai Indeks Keanekaragaman (H’) hewan makrobentos pada Stasiun A dan Stasiun B sebesar 2,29 dan 2,39. Nilai Indeks Keseragaman (E) pada Stasiun A dan Stasiun B sebesar 0,95 dan 0,96. Dari hasil uji T- Test didapatkan nilai signifikan sebesar 0,159 (P<0,005), yang berarti tidak ada perbedaan yang signifikan kelimpahan hewan makrobentos pada habitat lamun dengan jarak berbeda atau relatif seragam.
Kata kunci : Lamun, Kelimpahan Hewan Makrobentos, Pulau Pramuka
Abstract
This reseacrh has been conducted on April 2012 in the Pramuka Island, Kepulauan Seribu. Systematic sampling method was used to sampling of makrozoobenthos with the location and time of sampling was made in a regular pattern. The results showed that the type of the seagrass found in Pramuka Island Kepulauan Seribu are Enhalus acoroides, Thalassia hemprichii, Cymodocea rotundata, Halophila ovalis and Syringodium. The abundance of makrozoobenthos on habitat of seagrass with different distances are Station A (6 meters) 10 species with 52 individuals and Station B (50 meters) 12 species with 69 individuals. Value Diversity Index (H ') makrozoobenthos at Station A and Station B are about 2,29 and 2,39. Value Evenness Index (E) in Stasiun A and Stasiun B are about 0,95 dan 0,96. The test T-Test results obtained significant value of 0.159 (P <0.005), which means there is no significant difference on abundance of makrozoobenthos in habitat of seagrass with different distance or relatively uniform.
Keywords: Seagrass, Abudance Makrozoobenthos, Pramuka Island
Fulltext View|Download

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.