skip to main content

PENGARUH PEMBERIAN ENZIM DENGAN KONSENTRASI BERBEDA PADA PAKAN IKAN NILA (Oreochromis niloticus) TERHADAP KONSENTRASI AMONIAK, NITRIT, DAN SULFIDA DALAM MEDIA PEMELIHARAAN (The Influence of Enzime Provision with Different Concentration of Enzimes on Tilapia Fish Feed (Oreochromis niloticus) Towards The Concentration of Ammonia, Nitrite, and Sulfide in Media Maintenance)

1Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan,, Indonesia

2Departemen Sumberdaya Akuatik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro, Indonesia

Received: 25 Jul 2018; Published: 25 Jul 2018.
Open Access Copyright (c) 2018 Management of Aquatic Resources Journal

Citation Format:
Abstract

Kegiatan budidaya pada setiap prosesnya menghasilkan limbah yang dihasilkan dari sisa-sisa pakan dan kotoran yang berasal dari ikan budidaya, terutama budidaya Ikan Nila yang merupakan salah satu jenis ikan tawar yang sudah di budidaya secara komersial oleh masyarakat indonesia. Penelitian dilaksanakan pada Mei-Juni 2017 di Laboratorium Pengelolaan Sumberdaya Ikan dan Lingkungan, Departemen Sumberdaya Akuatik, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Diponegoro. Pada penelitian ini ditambahkan enzim pada pakan ikan, suatu enzim yang mengandung protease, lipase, amilase, pepsin, tripsin, dan kemotripsin dalam dosis yang sudah ditentukan untuk memaksimalkan proses pencernaan. Ikan Nila yang digunakan  berukuran 7-9 cm dipelihara di dalam akuarium dengan kapasitas 2 ekor Ikan Nila dalam 1 akuarium dengan volume air 9 l. Tujuan penelitian untuk mengetahui konsentrasi amoniak, nitrit, dan sulfida (H2S) dan membandingkan pengaruh pemberian enzim dengan konsentrasi yang berbeda didalam pakan terhadap konsentrasi amoniak, nitrit, dan sulfida (H2S). Metode yang digunakan adalah metode eksperimental skala laboratorium. Desain penelitian berdasarkan rancangan acak lengkap (RAL), dengan menggunakan lima perlakuan yaitu dengan perbedaan konsentrasi enzim. Setiap perlakuan dilakukan 3x pengulangan. Analisis data menggunakan uji two way anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian enzim dengan konsentrasi berbeda tidak berpengaruh nyata, lama waktu pemeliharaan berpengaruh nyata terhadap konsentrasi amoniak, dan sulfida, kombinasi dari keduanya tidak berpengaruh nyata terhadap konsentrasi amoniak, nitrit, dan sulfida.

 

Cultivation activities in each process produce waste generated from the remnants of feed and feces from the fish cultivated, especially the cultivation of tilapia which is one type of fresh bonds that have been cultivated commercially by the people of Indonesian. The research was conducted in May-June 2017 at the Fish and Environmental Resource Management Laboratory, Aquatic Resources Department, Fisheries and Marine Science Faculty, Diponegoro University. The materials on this research are combining the fish feed with an enzime which contains protease, lipase, amylase, pepsin, trypsin, and chemotrypsin in prescribed doses to maximised the digestion process. Tilapia as research object has length of 7 to 9 cm and its kept in an aquarium with capacity (water volumes) of 9 ls which contains of 2 tilapias. The purposes of this research are to know the concentration of ammonia, nitrite and sulfide (H 2 S) in and to compare the effect of the enzyme provision with different concentration in fish feed with the concentration of ammonia, nitrite and sulfide (H 2 S). This research used laboratory-scale experimental method. The study design was based on Complete Randomized Design (RAL), using five treatments with different enzyme concentrations. Each treatments was done by three repetitions. The data was analysed using two-way ANOVA test. The results showed that enzyme with different concentration had no significant effect, maintenance time had significant effect on ammonia concentration, and sulfide, the combination of both did not significantly affect the ammonia, nitrite and sulphide concentration.

Fulltext View|Download
Keywords: Ikan Nila (Oreochromis niloticus); Enzim; Amoniak; Nitrit; Sulfida

Article Metrics:

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.