BibTex Citation Data :
@article{JTM54225, author = {Maulana Cahyadi and Sri Nugroho and Rifky Ismail}, title = {ANALISIS KEGAGALAN POWER STEERING GEARBOX HOUSING PADA MOBIL DIESEL 2500 CC}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {13}, number = {4}, year = {2025}, keywords = {analisis kegagalan; fatigue failure; power steering gearbox housing}, abstract = { Power steering gearbox housing merupakan salah satu komponen pada mobil yang berfungsi sebagai media penghubung ( couple ) dan perubah arah gaya antara setir kemudi dengan roda depan mobil, dimana komponen ini mengalami kegagalan berupa fracture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme kegagalan, karakteristik material, serta mekanisme pembebanan melalui analisis kegagalan yang dilakukan berdasarkan pengamatan visual, pengujian komposisi kimia, pengujian metalografi, pengujian kekerasan, dan simulasi Finite Element Method (FEM) menggunakan perangkat lunak SOLIDWORKS 2020. Hasil pengamatan visual menunjukkan bahwa kegagalan yang terjadi mengarah pada fenomena fatigue fracture , yang ditandai dengan adanya crack initiation , final crack zone , serta ratchet marks . Pengujian metalografi menunjukkan material memiliki grafit berbentuk nodular dengan matriks ferit + pearlit yang mengindikasikan bahwa material adalah nodular cast iron , uji kekerasan menunjukkan angka 194-221 HV, pengujian komposisi menunjukkan adanya komponen nodulizer yaitu Mg dan Ce, dan hasil simulasi FEM menunjukkan bahwa model ini tidak aman dikarenakan tegangan puncak memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding dengan fatigue margin material. Kata kunci: Analisis kegagalan, fatigue failure , power steering gearbox housing }, issn = {2303-1972}, pages = {27--36} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/54225} }
Refworks Citation Data :
Power steering gearbox housing merupakan salah satu komponen pada mobil yang berfungsi sebagai media penghubung (couple) dan perubah arah gaya antara setir kemudi dengan roda depan mobil, dimana komponen ini mengalami kegagalan berupa fracture. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mekanisme kegagalan, karakteristik material, serta mekanisme pembebanan melalui analisis kegagalan yang dilakukan berdasarkan pengamatan visual, pengujian komposisi kimia, pengujian metalografi, pengujian kekerasan, dan simulasi Finite Element Method (FEM) menggunakan perangkat lunak SOLIDWORKS 2020. Hasil pengamatan visual menunjukkan bahwa kegagalan yang terjadi mengarah pada fenomena fatigue fracture, yang ditandai dengan adanya crack initiation, final crack zone, serta ratchet marks. Pengujian metalografi menunjukkan material memiliki grafit berbentuk nodular dengan matriks ferit + pearlit yang mengindikasikan bahwa material adalah nodular cast iron, uji kekerasan menunjukkan angka 194-221 HV, pengujian komposisi menunjukkan adanya komponen nodulizer yaitu Mg dan Ce, dan hasil simulasi FEM menunjukkan bahwa model ini tidak aman dikarenakan tegangan puncak memiliki nilai yang lebih tinggi dibanding dengan fatigue margin material.
Kata kunci: Analisis kegagalan, fatigue failure, power steering gearbox housing
Last update: