slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
ANALISIS STRUKTUR UNDERFRAME DUMP TRUCK KAPASITAS 32 TON DENGAN MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD | Silalahi | JURNAL TEKNIK MESIN skip to main content

ANALISIS STRUKTUR UNDERFRAME DUMP TRUCK KAPASITAS 32 TON DENGAN MENGGUNAKAN FINITE ELEMENT METHOD

*Ray Timotius Silalahi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Djoeli Satrijo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Transportasi merupakan hal penting dalam kehidupan manusia sehari-hari. Dengan adanya transportasi, pekerjaan manusia menjadi sangat terbantu. Mulai dari perjalanan dari satu tempat ke tempat lainnya dan juga memindahkan barang dapat dengan efisien dilakukan karena adanya transportasi. Bisa dikatakan, kehadiran transportasi dapat membantu bisnis dan juga kelancaran roda ekonomi. Salah satu contoh dari transportasi adalah truk. Komponen yang sangat penting dalam kendaraan adalah sasis. Sasis berfungsi sebagai penopang komponen truk serta menyokong beban dari kendaraan. Sasis biasanya terbuat dari material besi atau baja yang telah didesain khusus sehingga mampu menahan beban yang diterima dan dapat memenuhi segala kebutuhan seperti keamanan dan ketahanan truk itu sendiri. Sasis didesain khusus untuk mampu menahan beban yang ada pada truk, yang mana tegangan akan terjadi pada saat truk dibebani oleh beban truk itu sendiri ataupun saat mendapat beban tambahan dari muatan. Karena sasis berperan penting dalam kendaraan, maka harus dipastikan sasis memiliki struktur yang kuat. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan analisis pada sasis dump truck untuk memastikan kualitas dari strukturnya. Hasil dari simulasi statis yang dilakukan pada sasis dump truck, didapatkan nilai tegangan von-mises sebesar 195,53 MPa untuk pembebanan vertikal, 195,6 MPa untuk pembebanan lateral, 197,51 MPa untuk pembebanan gaya dorong, 139,78 MPa untuk pembebanan pengereman, 221,24 MPa untuk pembebanan masuk lubang, 227,23 MPa untuk pembebanan dua roda masuk lubang, dan 312,36 MPa untuk pembebanan kombinasi. Hasil ini masih tergolong aman karena jauh dibawah kekuatan luluh atau yield strength yang memiliki nilai 620,4 MPa.

Fulltext View|Download
Keywords: deformasi; safety factor; sasis; statis; von-mises stress
  1. Babu, Venkatesh. Kumar, K. Satish (2017) Design and Fabrication of Dump Truck Tilting System. International Journal of Pure and Applied Mathematics, 116(14)
  2. Bayan, Fawzi P., dkk. (2009). Brake Timing Measurements for a Tractor-Semitrailer Under Emergency Braking. SAE International Journal of Commercial Vehicle
  3. Dabair, M. (2020). Design and Analysis of Truck Chassis. International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology, 4(12)
  4. Dwinanto, Yudistira, A., Fadhil B. M. (2015). Analisis Karakteristik Bodi dan Chassis pada Prototype Kendaraan Listrik. Jurnal Rekayasa Mesin Vol.6, No.2 Tahun 2015: 119-126. Malang
  5. Ellianto, M., Nurcahyo, Y. (2020). Rancang Bangun dan Simulasi Pembebanan Statik pada Sasis Mobil Hemat Energi Kategori Prototype. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material, 4(2). 53-58
  6. Fei Song et al. (2002). Lightweight Design and Test of Electric Experimental Car. Journal of Physics: Conference Series
  7. Happian-Smith, J. (2001). An Introduction to Modern Vehicle Design
  8. Hibbeler, R. (2005). Mechanics of Materials 14th Ed. New Jersey: Pearsonn Prentice Hall
  9. Ismail, Rifky., dkk. (2018). Analisis Displacement dan Tegangan von Mises Terhadap Chassis Mobil Listrik Gentayu. ROTASI, Vol. 20 No. 4. Hal. 231-236
  10. Juvinall, Robert C. & Marshek, Kurt M. (2012). Fundamentals of Machine Component Design. Danvers: John Wiley & Sons
  11. Kawade, R., Student, P. (2015). Chassis Frame Torsional Stiffness Analysis. IJSRD-International J. Sci. Res. Dev., vol. 3, no. 08, pp. 2321–0613
  12. Krzikalla, D. M. (2019). Analysis of Torsional stiffness of the Frame of a Formula Student Vehicle
  13. Kumar, A., Deepanjali, V. (2016). Design & Analysis pf Automobile Chassis. International Journal of Engineering Science and Innovative Technology, 5(1)
  14. Kurdi, O., Prahasto, T., Satriyo, D., Widodo, A., Ardynugraha, I. (2021) Analisis Tegangan Bus Chassis Untuk Kendaraan Buruh Tani Menggunakan Metode Elemen Hingga. Simposium Nasional Rapi XX
  15. Puspitasari, N., Marsono, Nugraha, M. (2021) Simulasi Stress Analysis Pembebanan Statis Dengan Bantuan Software Solidworks Pada Hasil Perancangan Ladder Frame Chassis Mobil Listrik Menggunakan Material AISI 4340
  16. Riley, W., George, A. (2002). Design, Analysis and Testing of a Formula SAE Car Chassis. Cornell University
  17. Saragih M., Kristyadi T. (2021). Analisa Kekuatan Chassis Truck Bertenaga Listrik. Prosiding Diseminasi FT

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.