BibTex Citation Data :
@article{JTM47689, author = {Vinder Pardosi and Sri Nugroho and Gunawan Haryadi}, title = {ANALISIS KEGAGALAN VALVE IN (KATUP MASUK) PADA MOTOR KAPASITAS 155 CC}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {12}, number = {4}, year = {2024}, keywords = {buckling; deformasi plastis; katup masuk; kegagalan material; simulasi numerik}, abstract = { Kegagalan material terjadi ketika komponen logam mengalami kerusakan akibat tekanan mekanis yang berulang, perubahan suhu yang ekstrem, atau paparan lingkungan yang korosif. Ini bisa menyebabkan keausan, retak, atau kerusakan total pada komponen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kegagalan pada katup masuk ( valve in) motor 4 tak berkapasitas 155 cc yang bengkok. Dalam hal ini, dilakukan evaluasi untuk memahami faktor-faktor penyebab kegagalan, dampak panas berlebih, dan pemeliharaan yang tidak teratur. Evaluasi yang dilakukan menggunakan pengujian komposisi kimia dan metalografi, untuk melihat struktur material dan sifat mekanis katup. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa katup yang terbuat dari baja tahan karat X40CrSiMo10-2, sudah melalui proses pengerasan (hardening) dan tempering, sehingga memiliki struktur yang keras dan sesuai standar. Simulasi menggunakan metode elemen juga menunjukkan tegangan maksimum sebesar 746,68 MPa, melebihi kekuatan luluh material sebesar 560 MPa, sehingga menyebabkan katup berubah bentuk secara permanen. Pengujian buckling menyebabkan batang katup mengalami kegagalan pada beban sebesar 29.361,7 N. Hal ini mengindikasikan bahwa kerusakan pada katup masuk diakibatkan karena adanya benturan dengan piston serta keausan pada batang katup, bukan karena cacat material, sehingga dibutuhkan pemeliharaan yang teratur dan pemilihan material yang sesuai untuk menjaga performa dan keandalan katup dalam mesin. }, issn = {2303-1972}, pages = {33--40} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/47689} }
Refworks Citation Data :
Kegagalan material terjadi ketika komponen logam mengalami kerusakan akibat tekanan mekanis yang berulang, perubahan suhu yang ekstrem, atau paparan lingkungan yang korosif. Ini bisa menyebabkan keausan, retak, atau kerusakan total pada komponen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kegagalan pada katup masuk (valve in) motor 4 tak berkapasitas 155 cc yang bengkok. Dalam hal ini, dilakukan evaluasi untuk memahami faktor-faktor penyebab kegagalan, dampak panas berlebih, dan pemeliharaan yang tidak teratur. Evaluasi yang dilakukan menggunakan pengujian komposisi kimia dan metalografi, untuk melihat struktur material dan sifat mekanis katup. Dari hasil pengujian didapatkan bahwa katup yang terbuat dari baja tahan karat X40CrSiMo10-2, sudah melalui proses pengerasan (hardening) dan tempering, sehingga memiliki struktur yang keras dan sesuai standar. Simulasi menggunakan metode elemen juga menunjukkan tegangan maksimum sebesar 746,68 MPa, melebihi kekuatan luluh material sebesar 560 MPa, sehingga menyebabkan katup berubah bentuk secara permanen. Pengujian buckling menyebabkan batang katup mengalami kegagalan pada beban sebesar 29.361,7 N. Hal ini mengindikasikan bahwa kerusakan pada katup masuk diakibatkan karena adanya benturan dengan piston serta keausan pada batang katup, bukan karena cacat material, sehingga dibutuhkan pemeliharaan yang teratur dan pemilihan material yang sesuai untuk menjaga performa dan keandalan katup dalam mesin.
Last update: