skip to main content

ANALISIS FRAME CHASSIS TRUK MEDIUM DUTY DENGAN PEMODELAN 3D DAN METODE ELEMEN HINGGA UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI

*Alief Fernanda Al Yarham  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Djoeli Satrijo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Medium duty truck merupakan satu kendaraan komersial terkemuka dalam industri otomotif berat. Dalam klasifikasi internasional, truk ini termasuk dalam kelas 4 hingga 6, dengan Gross Vehicle Weight Rating (GVWR) berkisar antara 16.000 kg hingga 38.000 kg Dalam upaya untuk meningkatkan performa, keamanan, dan keandalan truk tersebut, penelitian ini difokuskan pada pemodelan 3D dan analisis statis frame chassis truk menggunakan metode elemen hingga. Variabel penelitian ini adalah deformasi, equivalent von misses stress, dan factor keamanan.  Pada penelitian ini, model yang digunakan adalah Hino 500 FM 2628 dengan jenis frame chassis yang digunakan adalah ladder frame dengan panjang bagian main member 7.446 mm dan lebar chassis adalah 804 mm. Bagian main member berbentuk beam C section dengan tinggi 298 mm, lebar flange 80mm, dan ketebalan 7mm. penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kekuatan frame chassis truck tersebut dengan analisis pembebanan berupa beban vertical bending, beban belok, beban pengereman, beban gaya dorong, dan beban torsional sebagai pembebanan statis. Dan untuk pembebanan low dynamic dibatasi pada modal analysis dengan 5 modus getar. Hasil dari analisis frame chassis medium duty ini akan digunakan untuk mengetahui apakah secara struktural, frame tersebut cukup kuat dan dapat diandalkan.

Fulltext View|Download
Keywords: chassis; deformasi; fea; medium duty; pembebanan; tegangan; safety factor
  1. Crolla, D. A. (2009). Powertrain, Chassis System and Vehicle Body. Elsevier
  2. Genta, G., & Morello, L. (2009). The Automotive Chassis, System Design (Vol. 2). Springer
  3. Ghalazy, N. M. (2014). Applications of Finite Element Stress Analysis of Heavy Truck Chassis: Survey and Recent Development. Journal of Mechanical Design and Vibration, 2, 69–73
  4. Prasad, S. A., Laxmaiah, D. G., Reddy, G. H. V., & Reddy, S. (2021). Design and Analysis of Chassis of Heavy Dump truck. Conference Paper
  5. Riley, W. B., & George, R. A. (2002). Design, Analysis and Testing of a Formula SAE Car Chassis. Proceedings of the 2002 SAE Motorsports Engineering Conference and Exhibition (P-382)
  6. Yusniansyah, Y. Z., & Kurniawan, I. (2023). Optimalisasi Desain Truk Jungkit Caterpillar 777D untuk Pengangkutan Batu Bara. Jurnal Konversi Energi Dan Manufaktur, 8(2), 94–103
  7. Sadige Akhil prasad,Dr. G. Laxmaiah, G.Harsha Vardhan reddy (2021) Design and Analysis of Chassis of Heavy Dump Truck. ResearchGate
  8. J.Y. Wong (2001) Theory of Ground Vehicles, Third Edition, 92- 100, 221-227
  9. Padmanabhan, S., Reddy, H. V., & Undamatla, S. C. (2020). Design and Structural Analysis of Truck Frame. IOP Conf. Series: Materials Science and Engineering
  10. Martello, G. (2016). Discretization Analysis in FEM Models. MATEC Web of Conferences

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.