BibTex Citation Data :
@article{JTM47684, author = {Alief Al Yarham and Djoeli Satrijo and Ojo Kurdi}, title = {ANALISIS FRAME CHASSIS TRUK MEDIUM DUTY DENGAN PEMODELAN 3D DAN METODE ELEMEN HINGGA UNTUK KEBUTUHAN INDUSTRI}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {12}, number = {4}, year = {2024}, keywords = {chassis; deformasi; fea; medium duty; pembebanan; tegangan; safety factor}, abstract = { Medium duty truck merupakan satu kendaraan komersial terkemuka dalam industri otomotif berat. Dalam klasifikasi internasional, truk ini termasuk dalam kelas 4 hingga 6, dengan Gross Vehicle Weight Rating (GVWR) berkisar antara 16.000 kg hingga 38.000 kg Dalam upaya untuk meningkatkan performa, keamanan, dan keandalan truk tersebut, penelitian ini difokuskan pada pemodelan 3D dan analisis statis frame chassis truk menggunakan metode elemen hingga. Variabel penelitian ini adalah deformasi, equivalent von misses stress, dan factor keamanan. Pada penelitian ini, model yang digunakan adalah Hino 500 FM 2628 dengan jenis frame chassis yang digunakan adalah ladder frame dengan panjang bagian main member 7.446 mm dan lebar chassis adalah 804 mm. Bagian main member berbentuk beam C section dengan tinggi 298 mm, lebar flange 80mm, dan ketebalan 7mm. penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kekuatan frame chassis truck tersebut dengan analisis pembebanan berupa beban vertical bending, beban belok, beban pengereman, beban gaya dorong, dan beban torsional sebagai pembebanan statis. Dan untuk pembebanan low dynamic dibatasi pada modal analysis dengan 5 modus getar. Hasil dari analisis frame chassis medium duty ini akan digunakan untuk mengetahui apakah secara struktural, frame tersebut cukup kuat dan dapat diandalkan. }, issn = {2303-1972}, pages = {25--28} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/47684} }
Refworks Citation Data :
Medium duty truck merupakan satu kendaraan komersial terkemuka dalam industri otomotif berat. Dalam klasifikasi internasional, truk ini termasuk dalam kelas 4 hingga 6, dengan Gross Vehicle Weight Rating (GVWR) berkisar antara 16.000 kg hingga 38.000 kg Dalam upaya untuk meningkatkan performa, keamanan, dan keandalan truk tersebut, penelitian ini difokuskan pada pemodelan 3D dan analisis statis frame chassis truk menggunakan metode elemen hingga. Variabel penelitian ini adalah deformasi, equivalent von misses stress, dan factor keamanan. Pada penelitian ini, model yang digunakan adalah Hino 500 FM 2628 dengan jenis frame chassis yang digunakan adalah ladder frame dengan panjang bagian main member 7.446 mm dan lebar chassis adalah 804 mm. Bagian main member berbentuk beam C section dengan tinggi 298 mm, lebar flange 80mm, dan ketebalan 7mm. penelitian ini ditujukan untuk menganalisis kekuatan frame chassis truck tersebut dengan analisis pembebanan berupa beban vertical bending, beban belok, beban pengereman, beban gaya dorong, dan beban torsional sebagai pembebanan statis. Dan untuk pembebanan low dynamic dibatasi pada modal analysis dengan 5 modus getar. Hasil dari analisis frame chassis medium duty ini akan digunakan untuk mengetahui apakah secara struktural, frame tersebut cukup kuat dan dapat diandalkan.
Last update: