BibTex Citation Data :
@article{JTM41525, author = {Hendrianto Hendrianto and Ismoyo Haryanto and Toni Prahasto}, title = {ANALISIS PERFORMA SUSPENSI MOBIL SEDAN PADA SAAT CORNERING MELALUI METODE MULTIBODY DYNAMICS (MBD)}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {11}, number = {4}, year = {2023}, keywords = {cornering mbd; constant speed constant radius simulation; honda civic fd; kinematic and compliance; mobil sedan}, abstract = {Perkembangan teknologi pada dunia otomotif semakin berkembang, salah satunya yang sering dikembangkan adalah sistem suspensi pada kendaraan. Suspensi adalah sebuah alat untuk menopang kendaraan dan memberikan efek kenyamanan dan keamanan dalam berkendara. Sistem suspensi memiliki peredam kejut ( damper ) yang berfungsi memberikan efek kenyamanan bagi pengguna. Efek keamanan dari sistem suspensi didapatkan karena menjaga agar roda selalu berada tepat di jalan, sehingga tidak akan membahayakan pengendara dan penumpang karena terjadinya slip pada roda dapat diminimalkan atau membantu roda agar selalu menapak pada jalan. Multibody Dynamics (MBD) simulation merupakan salah satu metode untuk menguji kinematika dan dinamika dari rancangan. Pada penelitian ini dilakukan pengujian MBD dengan metode pengujian Kinematic and Compliance dan Constant Radius Analysis. Model kendaraan yang dijadikan referensi pada penelitian ini adalah mobil sedan Honda Civic FD. Berdasarkan pengujian kinematic and compliance pada sistem kemudi depan didapatkan data yang terdiri dari vertical load , toe angle, camber angle , caster angle serta steering angle dalam dan luar dari mobil yang masing-masing 25.6° dan 24.6°. Penelitian dilanjutkan dengan melakukan pengujian constant speed constant radius (CSCR) dengan memperhitungkan radius putar minimum yang memungkinkan pada kendaraan berdasarkan geometri steering ackerman. Pengujian constant speed constant radius mendapatkan kondisi dinamik dari mobil sedan yang terdiri dari turning radius, steering wheel angle, lateral acceleration, vehicle roll, vehicle yaw rate, vehicle path, vehicle slip. Dari pengujian didapatkan kecepatan terbaik pada radius putaran 5.9 m yaitu 20 km/h dengan kondisi mendekati kondisi perfect steering pada turning radius minimum, pada radius putaran 10 m didapatkan kecepatan terbaik yaitu 25 km/h dan pada radius putaran 15 m didapatkan kecepetan terbaik yaitu 30 km/h.}, issn = {2303-1972}, pages = {79--86} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/41525} }
Refworks Citation Data :
Last update: