slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
ANALISIS KEGAGALAN VALVE (KATUP MASUK) MOBIL KAPASITAS 1300 CC | Putera | JURNAL TEKNIK MESIN skip to main content

ANALISIS KEGAGALAN VALVE (KATUP MASUK) MOBIL KAPASITAS 1300 CC

*Fachri Maulana Putera  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Sri Nugroho  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Mohammad Tauviqirrahman  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract

Katup juga dikenal sebagai engine valve, adalah komponen yang sangat penting pada mesin pembakaran dalam (mesin pembakaran dalam) karena berfungsi untuk membuka atau menutup aliran fluida untuk mengatur, mengontrol, dan mengarahkan laju aliran fluida. Kegagalan katup dapat disebabkan oleh pembebanan termal, peningkatan panas berlebih (overheat), dan kelelahan material, yang dapat menyebabkan retakan, patah, dan pengendapan deposit akibat panas yang tinggi, terutama di area di sekitar lapisan piringan katup. Komponen Katup Masuk yang mengalami bent valve dan timbulnya endapan karbon adalah subjek penelitian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mekanisme kegagalan katup masuk melalui pengamatan visual, pengujian komposisi kimia, pengujian metalografi, pengujian kekerasan, dan simulasi numerik. Hasil pengamatan visual menunjukkan kegagalan yang dialami katup adalah terjadi bent valve dan timbulnya endapan karbon. Dari pengujian komposisi kimia, material katup masuk termasuk kedalam high alloy steel dengan komposisi paduan >8% dan memenuhi standar martensitic stainless steel X45CrSi9-3. Hasil dari pengujian metalografi, fasa katup masuk di daerah gagal dan jauh sama-sama menunjukkan fasa martensit. Hasil pengujian kekerasan menunjukkan nilai kekerasan 329 HV pada daerah gagal dan 346 HV pada daerah jauh. Hasil simulasi numerik dengan menggunakan Teori Tegangan Normal Maksimum menunjukkan tegangan normal melebihi kekuatan luluh material sehingga menyebabkan terjadinya kegagalan.

Fulltext View|Download
Keywords: analisis kegagalan; bent valve; endapan karbon; katup masuk; tegangan normal
  1. ASM, M. H. (2002). Failure Analysis and Prevention-vol.11. ASM International Materials Park, Ohio, USA
  2. Usman, R. (2016) “Analisis Kegagalan Katup Buang pada Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)”, STRING, 1: 97-106
  3. Hertharia, M. (2012) “Analisa Pengaruh Kapasitas Udara Untuk Campuran Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Diesel”, ARIKA, 1: 19-26
  4. Narayana, K. V., Rao, K., & Shekar, D. (2015) “Failure Analysis of IC Engine Valve by Using FEA”, Research Scholar, Department Of Thermal Engineering, Kits, Peddapuram(M) Tirupathi Village, India. Divili 533-433, Eg Dt,AP
  5. Voorwald, H. J. C., Coisse, R. C., & Cioffi, M. O. H. (2011) “Fatigue Strength of X45CrSi93 Stainless Steel As Internal Combustion Engine Valves”, Procedia Engineering, 10: 1256-1261
  6. Lavhale, Y. K., & Salunke, P. J. (2014) “Overview of Failure Trend of Inlet & Exhaust Valve”, IJMET (Internasional Journal of Mechanical Engineering and Technology), 5(3), 104–113
  7. Tomaszewski, S., Grygier, D., & Dziubek, M. (2023) “Assessment of engine valve materials”, Combustion Engines, X, 0–3
  8. Stępień, Z. (2014) “Intake valve and combustion chamber deposits formation – the engine and fuel related factors that impacts their growth”, Nafta-Gaz, 70(4), 236–242
  9. Kazymyrovych, V. (2009). Very High Cycle Fatigue of Engineering Materials. www.kau.se
  10. Mahle Original. (2015). Technical Information Valves. https://www.techtips.ie/MAHLE/engine-valves---fitting-recommendations-and-technical-terms.pdf
  11. ASM, M. H. (2002). Failure Analysis and Prevention-vol.11. ASM International Materials Park, Ohio, USA
  12. Usman, R. (2016) “Analisis Kegagalan Katup Buang pada Mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD)”, STRING, 1: 97-106
  13. Hertharia, M. (2012) “Analisa Pengaruh Kapasitas Udara Untuk Campuran Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Diesel”, ARIKA, 1: 19-26
  14. Narayana, K. V., Rao, K., & Shekar, D. (2015) “Failure Analysis of IC Engine Valve by Using FEA”, Research Scholar, Department Of Thermal Engineering, Kits, Peddapuram(M) Tirupathi Village, India. Divili 533-433, Eg Dt,AP
  15. Voorwald, H. J. C., Coisse, R. C., & Cioffi, M. O. H. (2011) “Fatigue Strength of X45CrSi93 Stainless Steel As Internal Combustion Engine Valves”, Procedia Engineering, 10: 1256-1261
  16. Lavhale, Y. K., & Salunke, P. J. (2014) “Overview of Failure Trend of Inlet & Exhaust Valve”, IJMET (Internasional Journal of Mechanical Engineering and Technology), 5(3), 104–113
  17. Tomaszewski, S., Grygier, D., & Dziubek, M. (2023) “Assessment of engine valve materials”, Combustion Engines, X, 0–3
  18. Stępień, Z. (2014) “Intake valve and combustion chamber deposits formation – the engine and fuel related factors that impacts their growth”, Nafta-Gaz, 70(4), 236–242
  19. Kazymyrovych, V. (2009). Very High Cycle Fatigue of Engineering Materials. www.kau.se
  20. Mahle Original. (2015). Technical Information Valves. https://www.techtips.ie/MAHLE/engine-valves---fitting-recommendations-and-technical-terms.pdf

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.