skip to main content

ANALISIS PENGARUH CENTER OF GRAVITY SUSPENSI DAN KEKAKUAN PEGAS TERHADAP BODY ROLL PADA MOBIL

*Alfin Angga  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Toni Prahasto  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Sistem suspendi kendaraan merupakan bagian yang krusial dalam mempengaruhi performa berkendara karena mampu menyerap efek berupa gaya dan momen dari berbagai situasi berbeda ketika berkendara. Ketika kendaraan berbelok, di bawah pengaruh gaya sentrifugal, itu akan menyebabkan perubahan posisi pusat gravitasi, sehingga muncul momen guluangan. Momen inimenyebabkan bodi kendaraan condong ke luar pusat tikungan atau disebut body roll. Dalam penelitian ini, dilakukan analisis pengaruh spring rate pegas suspensi terhadap body roll mobil akan dilakukan dengan menggunakan software Altair MotionView untuk menghasilkan output berupa roll angle dan roll rate. Jenis analisis yang digunakan adalah pengujian Static Roll Analysis dan pengujian Constant Radius Analysis. Referensi kendaraan yang digunakan adalah mobil Toyota Alphard tahun 2022 dengan variasi kekuan pegas suspensi 49, 78, 98 N/mm dan center of gravity 474,98 mm, 500,38 mm, 525,78 mm. dari pengujian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa semakin kaku pegas suspensi, maka semakin dikit perilaku body roll yang terjadi sehingga kendaraan semakin stabil saat menikung. Selain itu, semakin tinggi nilai center of gravity, body roll yang terjadi semakin besar.
Fulltext View|Download
Keywords: body roll; center of gravity; spring rate; suspensi
  1. . Priyambada, P. (2016). Analisis Kenyamanan Serta Redesain Pegas Suspensi Mobil Toyota Fortuner 4.0 V6 SR (AT 4x4) (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember)
  2. . Jazar, R.N., 2008, ”Vehicle Dynamics: Theory and Application”, Springer Link, New York
  3. . Hassan, M. Z., Aziz, M. K. H. A., Delbressine, F., & Rauterberg, M. (2016). Numerical Analysis of Spring Stiffness in Vehicle Design Development Stage. International Journal of Applied Engineering Research ISSN 0973-4562 Volume 11, Number 7 (2016) pp 5163-5168
  4. . Hac, Aleksander, 2002, “Rollover Stability Index Including Effects of Suspension Design”, 10.4271/2002-01- 0965
  5. . Van Vu, 2021, “Preventing rollover phenomenon with an active anti-roll bar system using electro-hydraulic actuators: A full car model”, J Appl Eng Science, Vol. 19(1):217-229, DOI: 10.5937/jaes0-28119
  6. . Sachin Sunil Kelkar, Lee, U., & Han, C. (2001). A suspension system with a variable roll centre for the improvement of vehicle handling characteristics. Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part D: Journal of Automobile Engineering, 215(6), 677-696
  7. . Satrijo D., Kurdi O., Haryanto I., Yob M.S., Riyantiarno N., Taufiqurrahman I, 2020, “Rollover Performance Analysis Of Electric Bus Superstructure Frame With Alternative Material Using Finite Element Method”, AIP Conference Proceedings, 2217, art. no. 030153
  8. . Altair, 2021. “Step Steer”, https://2021.help.altair.com, diakses: 24 Juni 2022
  9. Kurniawan, B., & Wulandari, D. (2013). Rancang bangun sistem suspensi double wishbone pada mobil listrik Garnesa. Jurnal Rekayasa Mesin, 1(01), 50-53
  10. HKS HKS Hipermax Series, diakses di: www.hks-power.co.jp/en/product_search/product/433/ma ker/1. (tanggal akses 24/7/2022)

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.