BibTex Citation Data :
@article{JTM40601, author = {Alfin Angga and Ojo Kurdi and Toni Prahasto}, title = {ANALISIS PENGARUH CENTER OF GRAVITY SUSPENSI DAN KEKAKUAN PEGAS TERHADAP BODY ROLL PADA MOBIL}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {11}, number = {3}, year = {2023}, keywords = {body roll; center of gravity; spring rate; suspensi}, abstract = {Sistem suspendi kendaraan merupakan bagian yang krusial dalam mempengaruhi performa berkendara karena mampu menyerap efek berupa gaya dan momen dari berbagai situasi berbeda ketika berkendara. Ketika kendaraan berbelok, di bawah pengaruh gaya sentrifugal, itu akan menyebabkan perubahan posisi pusat gravitasi, sehingga muncul momen guluangan. Momen inimenyebabkan bodi kendaraan condong ke luar pusat tikungan atau disebut body roll . Dalam penelitian ini, dilakukan analisis pengaruh spring rate pegas suspensi terhadap body roll mobil akan dilakukan dengan menggunakan software Altair MotionView untuk menghasilkan output berupa roll angle dan roll rate . Jenis analisis yang digunakan adalah pengujian Static Roll Analysis dan pengujian Constant Radius Analysis . Referensi kendaraan yang digunakan adalah mobil Toyota Alphard tahun 2022 dengan variasi kekuan pegas suspensi 49, 78, 98 N/mm dan center of gravity 474,98 mm, 500,38 mm, 525,78 mm. dari pengujian yang dilakukan, diperoleh hasil bahwa semakin kaku pegas suspensi, maka semakin dikit perilaku body roll yang terjadi sehingga kendaraan semakin stabil saat menikung. Selain itu, semakin tinggi nilai center of gravity, body roll yang terjadi semakin besar.}, issn = {2303-1972}, pages = {231--232} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/40601} }
Refworks Citation Data :
Last update: