BibTex Citation Data :
@article{JTM37950, author = {Arif Sudrajat and Achmad Widodo and Ojo Kurdi}, title = {ANALISIS KEKUATAN SASIS BUS KONVENSIONAL YANG DIGUNAKAN SEBAGAI SASIS BUS LISTRIK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {11}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {dinamis; frekuensi; safety factor; sasis; statis}, abstract = {Bagian mendasar dari bus selain mesin adalah sasis, sasis merupakan komponen utama dan penting dalam sebuah kendaraan. Sasis berfungsi untuk menopang mesin, pengemudi, bodi, dan tempat meletakkan berbagai komponen pendukung kendaraan. Untuk melakukan percepatan elektrisasi dari bus konvensional menjadi bus listrik dapat dengan cara memanfaatkan sasis bus diesel kemudian digunakan sebagai sasis bus listrik. Penelitian ini bertujuan melakukan perancangan dan analisis pada sasis bus diesel yang digunakan sebagai sasis bus listrik. Perancangan sasis dan simulasi menggunakan bantuan perangkat lunak solidworks 2018. Analisis yang dilakukan berupa analisis statis, analisis frekuensi, dan analisis dinamis. Analisis bertujuan untuk mengetahui tingkat keamanan dari sasis bus konvensional atau bus diesel yang digunakan sebagai sasis bus listrik berdasarkan berdasarkan beberapa parameter yang diperoleh melalui simulasi pada solidworks 2018. Sasis Mercedes Benz OH 1626 yang digunakan sebagai sasis bus listrik mengalami sedikit penurunan safety factor daripada digunakan sebagai sasis bus diesel namun masih tergolong aman karena nilainya lebih dari 1,5.}, issn = {2303-1972}, pages = {100--101} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/37950} }
Refworks Citation Data :
Last update: