slot gacor slot gacor hari ini slot gacor 2025 demo slot pg slot gacor slot gacor
ANALISIS KEKUATAN SASIS BUS KONVENSIONAL YANG DIGUNAKAN SEBAGAI SASIS BUS LISTRIK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA | Sudrajat | JURNAL TEKNIK MESIN skip to main content

ANALISIS KEKUATAN SASIS BUS KONVENSIONAL YANG DIGUNAKAN SEBAGAI SASIS BUS LISTRIK MENGGUNAKAN METODE ELEMEN HINGGA

*Arif Sudrajat  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Achmad Widodo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Bagian mendasar dari bus selain mesin adalah sasis, sasis merupakan komponen utama dan penting dalam sebuah kendaraan. Sasis berfungsi untuk menopang mesin, pengemudi, bodi, dan tempat meletakkan berbagai komponen pendukung kendaraan. Untuk melakukan percepatan elektrisasi dari bus konvensional menjadi bus listrik dapat dengan cara memanfaatkan sasis bus diesel kemudian digunakan sebagai sasis bus listrik. Penelitian ini bertujuan melakukan perancangan dan analisis pada sasis bus diesel yang digunakan sebagai sasis bus listrik. Perancangan sasis dan simulasi menggunakan bantuan perangkat lunak solidworks 2018. Analisis yang dilakukan berupa analisis statis, analisis frekuensi, dan analisis dinamis. Analisis bertujuan untuk mengetahui tingkat keamanan dari sasis bus konvensional atau bus diesel yang digunakan sebagai sasis bus listrik berdasarkan berdasarkan beberapa parameter yang diperoleh melalui simulasi pada solidworks 2018. Sasis Mercedes Benz OH 1626 yang digunakan sebagai sasis bus listrik mengalami sedikit penurunan safety factor daripada digunakan sebagai sasis bus diesel namun masih tergolong aman karena nilainya lebih dari 1,5.
Fulltext View|Download
Keywords: dinamis; frekuensi; safety factor; sasis; statis
  1. Dinas Perhubungan Aceh. (2022). Bus Listrik, Bus Pengumpan Ekonomis dan Ramah Lingkungan, diakses di: dishub.acehprov.go.id. (tanggal akses 19/12/2022)
  2. PT. Transjakarta. (2022). PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) melakukan penandatanganan nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Equipmake Holdings Plc, diakses di : instagram.com/p/ChbYvdHvAid. (tanggal akses 19/12/2022)
  3. Boulanger et al. (2011). Vehicle Electrification: Status and Issues. Proceedings of the IEEE, 99(6), pp. 1133-1134
  4. Ellianto dan Nurcahyo (2020). Rancang Bangun dan Simulasi Pembebanan Statik pada Sasis Mobil Hemat Energi Kategori Prototype. Jurnal Engine: Energi, Manufaktur, dan Material, 4(2). 53-58
  5. Fei Song et al. (2022). Lightweight Design and Test of Electric Experimental Car. Journal of Physics: Conference Series 2185 012046, p6
  6. Kurowski, P. (2016). Vibration Analysis With SolidWorks Simulation 2016. SDC publications
  7. Mishra, Y. (2020). Design & analysis of ladder frame chassis. Int. Res. J. Eng. Technol.(IRJET), 7(08), 10
  8. Budynas-Nisbett. (201). Shigley’s Mechanical Engineering Design 9th Edition. New York : McGraw-Hill
  9. Happian-Smith, J. (Ed.). (2001). An introduction to modern vehicle design. Elsevier
  10. Petrova, R. V. (2014). Introduction to Static Analysis Using SolidWorks Simulation. CRC Press

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.