skip to main content

Analisis Dinamis Frame Sepeda Lipat

*Ahmad Herjuno Satrio W  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Achmad Widodo  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia
Ojo Kurdi  -  Department of Mechanical Engineering, Universitas Diponegoro, Jl. Prof. Sudarto, SH, Tembalang, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

Citation Format:
Abstract
Sepeda lipat cukup banyak diminati akhir-akhir ini karena desainnya yang fleksibel dan ringan sehingga mudah dibawa bahkan saat menaiki transportasi umum. Bagian sepeda lipat yang paling utama adalah bagian rangka (frame). Frame sepeda harus bisa menahan beban yang bervariasi. Oleh karena itu diperlukan agar frame dapat menahan beban dinamis untuk bergerak. Penelitian ini berfokus pada analisis dinamis untuk struktur frame sepeda lipat dari material chromoly (AISI 4130), dengan tujuan untuk menghindari permasalahan beban pada struktur dan untuk memastikan struktur aman ketika beban diterapkan di atasnya. Analisis dinamis frame sepeda lipat dilakukan dengan menggunakan metode analisis elemen hingga (FEA). Untuk memastikan bahwa sepeda lipat dapat dilakukan simulasi dinamis, terlebih dahulu dilakukan analisis statis. Jika hasil simulasi statis dinyatakan aman, selanjutnya dapat dilakukan simulasi dinamis dengan cara simulasi frekuensi (modal) dan simulasi pembebanan dinamis (menggunakan test-rig). Dari uji statis yang dilakukan dengan pembebanan 100 kg pada sadel dan 2 kg pada handlebar diperoleh nilai tegangan von mises maksimum sebesar 155,2 MPa. Dan didapat nilai safety factor sebesar 2,956. Dari hasil simulasi pembebanan dinamis sepeda lipat dengan beban 100 kg pada sadel dan 2 kg pada handlebar, dan melaju dengan kecepatan 9 km/jam melintasi speedbump diperoleh nilai minimum safety factor rata-rata yang diperoleh sebesar 1,367.
Fulltext View|Download
Keywords: analisis dinamis; fea; sepeda lipat
  1. Kamiel, B., Nugraha, G., dan Sunardi., 2018, “Perancangan dan Analisis Kekuatan Frame Sepeda Lipat Menggunakan Autodesk Inventor,” JMPM, 2(2), pp. 126-135
  2. Nisa, A. dan Iskandriawan, B., 2017, “Desain Sepeda Kota dengan Konsep Folding Bike untuk Penyimpanan Ruang Terbatas dengan Pengguna Mobilitas Tinggi,” Jurnal Sains dan Seni ITS, 6(2), pp. 124-128
  3. Monoarfa, Q., Adiluhung, H., dan Zulkarnain, T., 2022, “Perancangan Folding Bike Storage untuk di Rumah Dengan Fitur Dekorasi,” e-Proceeding of Art & Design, 9(1), pp. 191-196
  4. Bringas John E., 2004. “Handbook of Comparative World Steel Standard,” 2nd ed. West Chonshohocken, PA: ASTM International
  5. Wu, C., 2003, “A Study on Computer Aided Optimization Design for the Frame Form Generation of Electric Bicycle,” Tatung University. Taiwan
  6. Titlestad J, Fairlie-Clarke T, Davie M, Whittaker A, Grant S., 2003, “Experimental Evaluation of Mountain Bike Suspension Systems,” Acta Polytechnica, Jan 5;43(5)
  7. Budynas, R. G., dan Nisbett, J. K., 2015, “Shigley's Mechanical Engineering Design” (Vol. 10). New York: McGraw-Hill
  8. Juvinall RC, Marshek KM. “Fundamentals of Machine Component Design”. John Wiley & Sons; 2020 Jun 23
  9. Bhandari VB., “Design of Machine Elements,” Tata McGraw-Hill Education; 2010
  10. Wong JY., “Theory of Ground Vehicles,” John Wiley & Sons; 2022 Aug 23

Last update:

No citation recorded.

Last update:

No citation recorded.