BibTex Citation Data :
@article{JTM37760, author = {Ahmad Satrio W and Achmad Widodo and Ojo Kurdi}, title = {Analisis Dinamis Frame Sepeda Lipat}, journal = {JURNAL TEKNIK MESIN}, volume = {11}, number = {1}, year = {2023}, keywords = {analisis dinamis; fea; sepeda lipat}, abstract = {Sepeda lipat cukup banyak diminati akhir-akhir ini karena desainnya yang fleksibel dan ringan sehingga mudah dibawa bahkan saat menaiki transportasi umum. Bagian sepeda lipat yang paling utama adalah bagian rangka ( frame ). Frame sepeda harus bisa menahan beban yang bervariasi. Oleh karena itu diperlukan agar frame dapat menahan beban dinamis untuk bergerak. Penelitian ini berfokus pada analisis dinamis untuk struktur frame sepeda lipat dari material chromoly (AISI 4130), dengan tujuan untuk menghindari permasalahan beban pada struktur dan untuk memastikan struktur aman ketika beban diterapkan di atasnya. Analisis dinamis frame sepeda lipat dilakukan dengan menggunakan metode analisis elemen hingga (FEA). Untuk memastikan bahwa sepeda lipat dapat dilakukan simulasi dinamis, terlebih dahulu dilakukan analisis statis. Jika hasil simulasi statis dinyatakan aman, selanjutnya dapat dilakukan simulasi dinamis dengan cara simulasi frekuensi (modal) dan simulasi pembebanan dinamis (menggunakan test-rig). Dari uji statis yang dilakukan dengan pembebanan 100 kg pada sadel dan 2 kg pada handlebar diperoleh nilai tegangan von mises maksimum sebesar 155,2 MPa. Dan didapat nilai s afety factor sebesar 2,956. Dari hasil simulasi pembebanan dinamis sepeda lipat dengan beban 100 kg pada sadel dan 2 kg pada handlebar , dan melaju dengan kecepatan 9 km/jam melintasi speedbump diperoleh nilai minimum safety factor rata-rata yang diperoleh sebesar 1,367.}, issn = {2303-1972}, pages = {72--75} url = {https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jtm/article/view/37760} }
Refworks Citation Data :
Last update: